Ini Tanda-Tanda Tubuh Anda Butuh Istirahat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tanda Tubuh Perlu Istirahat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meskipun memiliki kesibukan pekerjaan atau rutinitas rumah yang menguras tenaga, jangan lupa untuk memberikan hak kepada tubuh untuk beristirahat. Sebab, bila dikerjakan tanpa waktu untuk beristirahat, aktivitas yang melelahkan seperti itu akan berdampak pada tubuh dan juga produktivitas.

Kelelahan sangat lazim dialami banyak orang. Namun jika kondisi ini tidak teratasi, akan ada berbagai masalah yang dapat timbul. Melansir laman klikdokter, berikut ini tanda-tanda tubuh membutuhkan istirahat.

Otot-Otot Nyeri dan Berlangsung Lama

Nyeri otot biasanya muncul ketika Anda tak biasa olahraga, langsung melakukan olahraga berat tanpa pemanasan. Namun, nyeri otot juga bisa menjadi tanda tubuh Anda butuh istirahat akibat aktivitas yang terlalu padat.

Umumnya, nyeri otot akan berkurang atau menghilang setelah dua hari. Namun, bila setelah dua hari nyeri otot juga tak kunjung hilang, itu berarti tubuh Anda benar-benar ingin berhenti sejenak (selama beberapa hari) dari rutinitas.

Selalu Murung dan Merasa Lelah

Perubahan suasana hati, depresi, dan kelelahan adalah tanda tubuh perlu istirahat. Ini juga mengindikasikan bahwa Anda mungkin habis menerima ‘beban’ yang berat atau aktivitas yang super padat sehingga butuh istirahat.

Jika tidak segera diatasi, akan berdampak pada emosional Anda. Sebab, tubuh yang mengalami kelelahan bisa memengaruhi emosi seseorang. Anda dapat menjadi lebih sensitif, mudah marah dan menangis, bahkan menjadi orang yang pesimis.

Detak Jantung tidak Normal

Perhatikan detak jantung Anda. Umumnya, detak jantung yang normal adalah 60-100 denyut per menit. Apabila jumlahnya kurang atau lebih dari itu, berarti ada yang tidak beres dari tubuh Anda.

Jika detak jantung lemah, bisa jadi itu tanda ada masalah pada sistem listrik jantung (bradikardia) alias alat pacu jantung alami Anda tidak bekerja dengan baik. Sementara, jika detak jantung terlampau cepat (takikardia) menandakan orang tersebut habis melakukan aktivitas fisik atau menuju serangan penyakit kardiovaskular yang dapat berakibat fatal.

Bila selama beberapa waktu detak jantung tidak normal (terutama bila terlalu cepat), selain beristirahat, Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin.

Badan Terasa Kaku

Tubuh yang kaku juga bisa menjadi tanda Anda kelelahan dan butuh istirahat. Tubuh kaku biasanya disebabkan oleh aktivitas fisik yang dilakukan berulang-ulang tanpa jeda. Selain merebahkan tubuh, cobalah dapatkan pijatan yang bisa menghilangkan segala kekakuan tersebut.

Urine Berwarna Kuning Gelap

Warna urine yang gelap adalah salah satu indikasi bahwa Anda mengalami dehidrasi akibat kurang minum. Hal ini juga bisa menjadi tanda tubuh Anda butuh istirahat. Jadi, cobalah isi kembali cairan tubuh dengan perbanyak asupan air putih dan kurangi dulu aktivitas fisik yang berat.

Sulit Konsentrasi

Ketika mulai sulit berkonsentrasi, mungkin itu tanda bahwa tubuh Anda kelelahan dan perlu istirahat. Contohnya bila Anda memiliki tugas penting, tetapi hanya dapat melakukannya selama 5 menit pertama, kemudian Anda menyerah. Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda berhenti sejenak dan istirahatkan tubuh serta pikiran Anda.

Sering Sakit

Jika belakangan Anda sering terserang batuk pilek dan demam? Itu pun bisa menandakan bahwa tubuh sedang mengalami penurunan imunitas dan perlu istirahat. Selain mengonsumsi obat dan makanan bergizi, tingkatkan juga kualitas tidur Anda.

Mengalami Gangguan Tidur

Pernahkan Anda merasa sangat lelah, tetapi Anda tidak dapat tidur? Ini merupakan salah satu tanda tubuh Anda perlu istirahat. Sebab, perasaan lelah yang berlebih bisa membuat kualitas tidur tidak baik, bahkan sulit tertidur.

Ini terjadi karena beban pikiran yang dirasakan membuat Anda secara tidak sadar merasa khawatir. Kondisi ini akan membangunkan tidur sehingga semakin menguras tenaga dan pikiran yang sudah kelelahan.

Menangis Tanpa Alasan Jelas

kelelahan bukan hanya berdampak pada fisik, tapi juga mental. Tantangan sehari-hari yang sebenarnya ringan, bahkan hal sepele untuk dihadapi pun bisa membuat Anda menangis. Inilah pentingnya istirahat bagi kesehatan. Bila hal ini menimpa Anda, tidak ada salahnya untuk bercerita dengan orang terdekat agar Anda bisa menjadi lebih lega.

Populer video

Berita lainnya