Simak Cara Jitu Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit kaki Pecah Pecah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kaki pecah-pecah merupakan masalah yang bisa dialami siapa saja. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Meski bukan masalah serius, kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat berjalan, dan terasa nyeri. Bahkan kaki juga bisa berdarah karena terlalu kering jika dibiarkan begitu saja.

Tanda kaki yang kering adalah daerah tumit mengalami penebalan atau bersisik, kulit kaki retak, mengelupas, gatal, bahkan berdarah, dan terdapat kapalan di daerah kaki. Jika mengalami kondisi tersebut, sebaiknya segera melakukan perawatan. Melansir laman halodoc, berikut ini cara mengatasi kaki pecah-pecah.

Jaga Kebersihan Kaki

Menjaga kaki atau daerah tumit yang pecah-pecah tetap bersih dan kering penting dilakukan setiap hari. Hindari menggunakan sabun yang mengandung alkohol dan pewangi yang dapat membuat kulit kering. Untuk menjaga kelembaban kulit kaki, sebaiknya gunakan sabun berbahan ringan dan mengandung pelembap alami.

Mandi dengan Air Dingin

Bagi Anda yang memiliki kulit kering dan kaki pecah-pecah sebaiknya tidak menggunakan air panas atau hangat untuk mandi. Sebab, air panas dapat membuat kulit tubuh dan kaki menjadi kering. Usahakan untuk mandi dengan air dingin atau bertemperatur ruangan.

Gunakan Pelembap Kaki

Sebelum tidur pada malam hari, oleskan petroleum jelly pada kaki, lalu bungkus kaki dengan menggunakan kaus kaki yang nyaman dan biarkan semalaman saat tidur. Cara ini efektif untuk melembapkan kaki yang pecah-pecah. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa atau madu yang sangat berkhasiat sebagai pelembap.

Gunakan Krim Kaki

Pilihlah krim kaki yang mengandung urea, asam salisilat, asam alpha-hidroksi, dan sakarida isomerat untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Kandungan tersebut bermanfaat melembapkan kaki, mengatasi kulit kapalan atau tebal, dan menjaga agar kulit kaki selalu terhidrasi.

Banyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih merupakan cara untuk menjaga seluruh tubuh terhidrasi. Mulai dari bibir, tenggorokan, bahkan sampai kulit kaki. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan perbanyak minum air putih, agar kulit kaki yang kering dan pecah-pecah dapat teratasi.

Menggosokkan Batu Apung

Cara lain untuk mengatasi masalah kaki ini adalah dengan menggosokkan batu apung pada area kaki yang pecah-pecah. Batu apung dapat membantu mengelupaskan kulit mati dan keras.

Rendam Kaki Dalam Air Lemon & Garam

Air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dan garam juga dapat mengatasi kaki pecah-pecah. Lemon bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit, sedangkan garam berkhasiat mencegah infeksi timbul pada kaki.

Populer video

Berita lainnya