Simak Cara Sederhana Ungkapkan Rasa Sayang pada Orang Tua

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengungkapkan rasa sayang di Hari Valentine bukan hanya untuk mereka yang sedang kasmaran. Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mengungkap rasa sayang kepada orang tua. Apalagi, orang tua lah yang sudah mendidik dan membesarkan Anda dengan cara terbaik.

Namun sebagai anak, rasa canggung seringkali melanda ketika hendak mengungkapkan rasa sayang itu. Padahal, mengungkapkan rasa cinta, memberikan perhatian dan menghormati orang tua bisa membuat mereka sangat bahagia. Bila Anda termasuk yang sering malu untuk menunjukan cinta kasih pada orang tua, simak penjelasan berikut seperti dilansir dari laman halodoc.

Luangkan waktu bersama

Hadiah terbesar yang dapat Anda berikan pada orang tua adalah waktu. Tidak peduli seberapa sibuk Anda, cobalah luangkan waktu untuk orang tua. Pasalnya, mereka umumnya merasa kesepian, terutama setelah anak-anaknya merantau untuk melanjutkan studi maupun bekerja.

Ungkapkan rasa terimakasih

Selalu ungkapkan rasa terimakasih untuk setiap bantuan dan dukungan yang orang tua berikan. Perlu diingat, pekerjaan orang tua membesarkan seorang anak bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang telah dikorbankan dan diperjuangkan agar kamu sampai di titik sekarang ini.

Hindari perdebatan dan melawan orang tua

Setiap kali orang tua mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan pendapat Anda, cobalah untuk tidak berdebat atau melawannya. Sadari tentang adanya kesenjangan antar generasi yang membuat mereka berpikir demikian.

Cobalah pahami kondisi ini. Pernyataan kamu mungkin benar, tetapi mereka juga punya alasan konkrit atas pendapatnya. Jangan terbawa emosi dan hindari berbicara dengan intonasi yang tinggi.

Jangan ragu meminta maaf

Kesalahpahaman dan pertengkaran antara orang tua dan anak adalah hal biasa. Sebagai anak, mungkin sering terbawa emosi sehingga melontarkan kata-kata yang bisa menyakiti orang tua. Jika sudah begitu, jangan ragu untuk meminta maaf. Katakan bahwa Anda menyesal telah menyakiti mereka.

Berusaha terbuka

Sebagai anak-anak, Anda mungkin sering berbagai cerita dengan orang tua secara mendetail. Sadar atau tidak, Anda mulai menyaring hal-hal tertentu seiring bertambahnya usia. Cobalah untuk berkata jujur dan biarkan mereka masuk ke dalam aspek terpenting dalam hidup kamu.

Jangan merusak kepercayaan mereka

Salah satu cara untuk menunjukkan kepada orang tua bahwa kamu menghormati mereka adalah dengan menghindari melakukan hal-hal yang dapat merusak kepercayaannya. Jika mereka memberikan kebebasan dan menghormati privasimu, pastikan untuk tidak menyalahgunakannya.

Bantu pekerjaan rumah

Jika masih tinggal bersama orang tua, usahakan membantu pekerjaan rumah tangga. Lakukan bagian Anda atau bahkan lebih. Anda juga bisa membantu mereka dengan membeli bahan makanan atau membayar tagihan rumah.

Populer video

Berita lainnya