10 Skincare Terbaik untuk Wajah Berminyak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Oleh Fela Alfian S

Ada tipe-tipe kulit wajah yang perlu kita ketahui sebelum kita memilih skincare. Tipe-tipe kulit tersebut adalah tipe kulit kering, tipe kulit berminyak, tipe kulit normal, tipe kulit sensitif dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu tipe kulit wajah yang telah disebutkan adalah tipe kulit wajah berminyak.

Apa itu kulit wajah berminyak? Wajah dengan tipe kulit berminyak adalah wajah yang menghasilkan minyak berlebih sehingga wajah terlihat berkilau dan berminyak. Wajah tipe ini termasuk tipe yang tidak sehat karena kelebihan minyak tersebut.

Jika kelebihan minyak tersebut tidak segera diatasi, pori-pori kulit akan tersumbat dan membesar, serta sel-sel kulit mati dapat menumpuk. Pada jenis kulit ini, umum terjadi penumpukan komedo dan juga terdapat jerawat.

Dengan demikian, bagi orang-orang yang memiliki tipe kulit wajah berminyak perlu merawat wajah agar terhindar dari jerawat, komedo, pori-pori dan sel kulit mati yang menumpuk.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar kulit wajah berminyak menjadi normal dan sehat adalah dengan mengaplikasikan skincare ke wajah setiap harinya. Skincare yang digunakan bukanlah sembarang skincare, tetapi skincare khusus muka dengan tipe berminyak.

Artikel ini akan membahas 10 skincare terbaik untuk wajah berminyak tetapi sebelum itu akan ada pembahasan mengenai penyebab kulit menjadi berminyak, cara agar kulit tidak berminyak, dan yang terakhir adalah 10 skincare terbaik untuk wajah berminyak.

Apa Penyebab Kulit Wajah Berminyak?

Ada banyak penyebab mengapa kulit wajah memproduksi minyak hingga berlebih.  Faktor utamanya adalah produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini letaknya di bawah permukaan kulit. Sedangkan sebum sendiri adalah zat minyak yang terbuat dari lemak.

Selain itu ada faktor lain mengapa kulit orang menjadi berminyak. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik, tempat dimana kita tinggal, pori-pori yang membesar, dan lain sebagainya. Berikut adalah penjelasan detailnya:

  • Genetik

Faktor genetik merupakan faktor turunan sehingga orang tua yang memiliki tipe kulit wajah berminyak akan cenderung memiliki anak dengan tipe kulit wajah yang sama.

  • Tempat dimana kita tinggal

Tempat di mana kita tinggal juga memengaruhi produksi minyak di dalam kulit muka kita. Sebagai contohnya jika kita hidup di daerah beriklim panas dan lembab, maka produksi minyak dalam kulit wajah kita juga semakin banyak, Kulit kita selama musim panas akan menghasilkan minyak lebih banyak  dibanding pada musim gugur atau musim dingin.

  • Pori-Pori yang membesar

Terkadang pori-pori bisa membesar seiring dengan bertambahnya usia. Berat badan, dan adanya jerawat juga memengaruhi pelebaran pori-pori. Pori-pori yang besar cenderung menghasilkan lebih banyak minyak.

Bagaimana Cara Agar Kulit Tidak Berminyak?

Kita bisa menjaga kulit kita dari produksi minyak berlebih dengan cara melakukan perawatan pada muka kita. Salah satu cara melakukan perawatan adalah dengan menggunakan skincare.

Skincare yang digunakan tentu bukan sembarang skincare tetapi skincare khusus untuk kulit berminyak.

Berikut adalah 10 Skincare terbaik untuk wajah berminyak:

10 Skincare Terbaik untuk Wajah Berminyak

  1. Zettaskin

Zettaskin merupakan skincare unggulan yang memiliki banyak fungsi serta aman untuk berbagai tipe kulit. Beberapa fungsi dari Zettaskin adalah untuk mencerahkan wajah, mengecilkan pori-pori, menyamarkan noda hitam serta mengatur produksi minyak pada wajah.

Terbuat dari bahan-bahan alami dan terdaftar serta lulus uji BPOM. Beberapa bahan alami yang ada dalam Zettaskin adalah Arbutin, Antioxidant complex, Ekstrak jeruk dan lidah buaya.

2. Elshé Skin Deep Cleansing For Oily Skin

Cleanser ini ditujukan untuk orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak, kulit kering dan kulit sensitif.

Berfungsi untuk melembabkan, memberi kenyamanan, anti-aging, antioxidant dan juga mengatasi jerawat yang tumbuh pada muka.

Cleanser ini terlah tersertifikasi BPOM, bebas alkohol dan bebas paraben.

3. Avoskin Miraculous Retinol Toner

Avoskin Miraculous Retinol Toner memiliki kandungan untuk memerangi penuaan. Selain itu toner ini sangatlah cocok untuk kulit berminyak.

Kandungan dari toner ini adalah Niacinamide, Retinol, Peptide, dan diperkaya dengan ekstrak buah delima yang akan secara efektif merawat garis halus, meratakan tekstur kulit, dan mencerahkan kulit. Produk ini juga dapat memaksimalkan proses regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit.

4. Somethinc Ceramic Skin Savior Moisturizer Gel

Selama 24 jam pelembab gel milik Somethinc ini akan mengunci kelembapan kulit wajahmu sehingga kulit lebih sehat setiap harinya. Pelembab ini didesain untuk anti-aging dan tentunya sangat cocok untuk kulit berminyak.

Kandungan di dalam pelembab ini adalah natural bisabol ekstrak hydrolyzed algae yang berfungsi untuk menyamarkan bintik hitam. Terdapat ekstrak chlorella dan squalene yang merupakan antioksidan di dalam pelembab ini.  

5. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% adalah sebuah skincare berupa vitamin dan mineral. Seperti namanya, kandungan di dalam skincare ini adalah 10 persen niacinamide dan satu persen zinc PCA. Fungsi dari niacinamide atau vitamin B3 adalah untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti munculnya bintik hitam. Fungsi lain dari skincare ini adalah mencerahkan wajah.

6. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera Gel

Diperkaya dengan lidah buaya alami, gel dari Nature Republic merupakan gel yang menenangkan. Berbahan dasar lidah buaya California, gel ini dapat digunakan untuk melembapkan wajah, lengan, kaki, dan rambut. Efek yang diberikan oleh gel ini adalah efek mengencangkan dan melembabkan Kulit. Gel yang cepat menyerap memberikan rasa menyegarkan pada kulit. Cocok untuk segala jenis muka seperti muka berminyak dan muka sensitif. Gel ini juga dapat berfungsi menjaga kesehatan permukaan wajah dan tubuh.

7. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE)

Avoskin PHTE terbuat dari dua bahan utama yaitu ET-VC dan minyak chamomile. Fungsi dari kedua bahan tersebut adalah untuk mencerahkan, melembabkan kulit, antioksidan, melawan jerawat, dan sebagai anti inflamasi. Selain itu Avoskin PHTE ini anti jamur dan bebas dari paraben jadi aman untuk diaplikasikan di wajah kita.

8. Scarlett Acne Night Cream

Fungsi dari skincare ini adalah untuk membantu mengatasi bintik kemerahan dan bengkak, sebagai anti inflamasi alami, menghilangkan garis halus, mengencangkan kulit wajah, membantu melawan jerawat, dan mengecilkan pori-pori yang mana dapat mengontrol produksi minyak di dalam kulit wajah.

Kandungan dalam Scarlett Acne Night Cream adalah natural squalene, poreaway, CM acnatu, triceramide, hexapeptide-8, aqua peptide glow, dan natural vitamin C. Kandungannya sangat lengkap dan baik untuk kesehatan kulit wajah kita.

9. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Toner ini merupakan sebuah paket lengkap yang dijadikan dalam satu wadah saja. Hanya dalam 30 hari, kita akan mendapatkan hasil dari pemakaian toner ini. Toner ini sangat spesial karena mengandung AHA, BHA, PHA. AHA berfungsi menghilangkan kotoran, BHA berfungsi membersihkan minyak dan sebum yang menyumbat pori-pori. PHA berfungsi menghancurkan sel kulit mati. Fungsi lainnya adalah untuk menghasilkan kulit yang halus, membuat wajah bersinar serta memperkecil pori-pori di wajah.

10. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Skincare ini cocok untuk segala jenis kulit. Produk ini merupakan sebuah pembersih wajah. Jika kita mengaplikasikan skincare ini setiap hari, maka akan terasa manfaatnya pada diri kita. Cleanser ini berfungsi untuk membersihkan minyak berlebih pada kulit kita tanpa membuat kulit kita kering. Jika dipakai setiap hari, muka kita akan menjadi sehat dan lembut.

Itulah ringkasan 10 skincare terbaik untuk kulit berminyak. Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk kita semua, terutama jika kita memiliki kulit berminyak dan menginginkan kulit normal.

Populer video

Berita lainnya