Hindari Salah Paham dalam Hubungan, Coba Lakukan Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi hubungan pasangan yg buruk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komunikasi menjadi hal yang penting dalam sebuah hubungan. Bila komunikasi tidak terjalin dengan baik, hubungan pun rentan diterpa berbagai masalah, contohnya salah paham. Selain akan mengganggu keharmonisan, bukan tidak mungkin keberlangsungan hubungan yang dijalin akan menjadi taruhannya.

Umumnya penyebab salah paham dalam hubungan adalah setiap individu dapat memiliki realita yang berbeda. Sebab, setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda berdasarkan pengalaman, budaya hingga nilai yang tertanam. Kebiasaan lebih banyak bicara dibanding mendengarkan juga bisa menjadi penyebab salah paham. Nah, melansir laman sehatQ, simak cara untuk menghindari salah paham, dam menjaga komunikasi dalam hubungan berjalan dengan baik.

Belajar mendengarkan dengan baik

Cara terbaik untuk mengatasi salah paham adalah dengan berusaha mendengarkan lawan bicara dengan baik. Bahkan, saat Anda merasa yakin sudah mendengarnya dengan jelas, Anda tetap masih bisa salah dalam mengartikan. Maka dari itu, cobalah untuk benar-benar mendengarkan lawan bicara dan menyusun apa yang dikatakan, serta mengulanginya ke dalam bahasa Anda sendiri. Cara ini dapat membantu mencegah kesalahpahaman dan asumsi yang tidak tepat.

Utamakan komunikasi antar muka

Komunikasi melalui alat komunikasi elektronik, seperti pesan singkat atau email dapat memicu kesalahpahaman. Sebab, Anda tidak bisa mendengar intonasi dan melihat ekspresi lawan bicara Anda. Sehingga, jika lawan bicara salah mengartikan apa yang tertulis, kesalahpahaman pun dapat terjadi.

Hindari bicara saat emosi memuncak

Salah satu penyebab salah paham adalah dengan bicara saat emosi. Sebab di saat emosi, Anda mungkin akan lebih berpotensi untuk lepas kendali dan mengucapkan kata yang tidak Anda pikirkan sebelumnya. Begitu juga dengan lawan bicara Anda yang besar kemungkinannya salah menangkap apa yang dibicarakan.

Cobalah melihat dari sudut pandang yang berbeda

Cobalah untuk berusaha melihat dari sudut pandang mereka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat perspektif yang lebih objektif dapat membantu mengatasi kesalahapahaman. Studi lain yang dilakukan pada beberapa pasangan menikah juga menunjukkan bahwa saling menuliskan apa yang tidak disukai terhadap pasangan dan melihat dari sudut pandang pihak ketiga, dapat membantu untuk saling memahami serta menjaga keharmonisan pernikahan.

Jangan langsung menyimpulkan

Cara lain untuk mengatasi salah paham adalah tidak langsung menyimpulkan apa yang dibicarakan oleh lawan bicara Anda. Jika ada sesuatu yang menyakiti perasaan Anda atau membuat bingung, cobalah untuk langsung menanyakan apa maksud dari ucapannya.

Hindari penggunaan kata ‘tidak pernah’ atau ‘selalu’

Kedua kata ini dapat membuat seseorang yang menjadi lawan bicara atau pasangan Anda cenderung lebih membela diri. Selain itu, kata-kata ini juga bisa membuat lawan bicara Anda mencari contoh tandingan dari apa yang Anda bicarakan sebagai bentuk pembelaan.

Populer video

Berita lainnya