Ini Cara Kreatif Mendaur Ulang Kertas Bekas

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/pile-of-papers-MldQeWmF2_g?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Sudahkah Anda melestarikan lingkungan hari ini? Langkah kecil apa yang Anda ambil untuk membuat lingkungan sekitar Anda tetap bersih dan lestari?

Memperhatikan pola produksi dan konsumsi sampah menjadi salah satu hal kecil yang dapat dilakukan setiap hari. Anda juga dapat memulai dengan mencari tahu cara pengolahan sampah di sekitar Anda.

Jika Anda memproduksi sampah kertas bekas, maka Anda wajib mengetahui cara mendaur ulang sampah kertas bekas Anda, sehingga menjadi barang yang dapat digunakan kembali. Setelah mengetahuinya, Anda pasti juga akan menghemat pengeluaran untuk membeli kertas baru, atau bahkan Anda dapat menjual kertas daur ulang tersebut dan mendapatkan keuntungan.

Alat-alat yang dibutuhkan dalam mendaur ulang kertas bekas juga tidak sulit untuk ditemukan. Anda cukup menyiapkan sampah kertas bekar, air, saringan kawat yang datar (atau Anda bisa mendapatkannya di toko online, dengan kata kunci saringan bubur kertas), lap kering.

Berikut adalah tahap-tahap yang dapat Anda ikuti untuk proses mendaur ulang kertas bekas.

  1. Kumpulkan kertas bekas yang Anda miliki
  2. Sobek kertas menjadi bagian kecil, sekecil yang dapat Anda lakukan. Anda bisa menggunakan gunting atau merobekknya dengan tangan.
  3. Setelah itu, kita akan membuat bubur kertas, dengan mencampurkan potongan kertas dengan air. Kemudian ini dapat dihancurkan menjadi bubur menggunakan blender. Jika Anda tidak memiliki blender, maka Anda dapat melakukannya manual dengan tangan.
  4. Setelah menjadi bubur kertas, proses selanjutnya adalah mencetak kertas menggunakan saringan bubur kertas.
  5. Tuangkan bubur kertas dalam wadah yang memiliki permukaan yang sama besar dengan lebar atau panjang saringan.
  6. Saring bubur kertas menggunakan saringan.
  7. Kemudian, bubur kertas yang sudah berada di saringan, ditutup menggunakan lap atau kain. Kemudian balikkan bubur kertas pada lap atau kain (anda harus menyiapkan beberapa kain yang cukup untuk adonan bubur kertas)
  8. Lakukan berulang hingga adonan bubur habis.
  9. Jemur hasil cetakan selama beberapa jam atau 1 hari. Jemur hingga kering.
  10. Setelah kering, pisahkan kertas dengan lap atau kain
  11. Anda memiliki kertas daur ulang yang dapat Anda gunakan kembali.

Populer video

Berita lainnya