Pilihan Buah Berprotein Tinggi yang Baik saat Sahur dan Berbuka

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saat menjalankan ibadah puasa, Anda perlu memastikan kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh terpenuhi dengan baik, salah satunya protein. Tubuh membutuhkan protein agar kondisi kesehatan tetap optimal dan seluruh fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Kekurangan protein meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan protein agar ibadah puasa yang dijalankan berjalan baik dan terhindar dari berbagai penyakit. Anda bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi berbagai makanan yang memiliki kandungan ini saat sahur atau berbuka.

Bukan hanya telur, daging, atau susu, kamu bisa menemukan protein dari jenis makanan lainnya, seperti buah. Nah, melansir laman halodoc, berikut ini beberapa jenis buah berprotein tinggi saat berbuka atau sahur agar kebutuhan protein dapat dipenuhi dengan baik.

Kurma

Kurma menjadi jenis buah yang mudah ditemukan ketika memasuki bulan puasa. Untuk 100 gram buah kurma terdapat 2 gram protein di dalamnya. Selain itu, buah kurma juga memiliki kandungan pemanis alami yang baik sehingga baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Selain protein, kurma juga memiliki kandungan serat, kalori, karbohidrat, dan kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Alpukat

Anda bisa mengonsumsi alpukat untuk berbuka puasa atau sahur. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolah alpukat menjadi makanan lezat, mulai dari mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah hingga memasukkannya ke dalam menu salad.

Selain protein, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh, serat, dan potasium yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

Pisang

Dalam satu buah pisang ukuran sedang mengandung 1,3 gram protein. Tidak ada salahnya berbuka puasa dengan mengonsumsi pisang agar tubuh kembali bertenaga. Selain itu, pisang juga mengandung potasium dan memiliki rasa manis alami untuk menambah energi setelah berpuasa selama satu hari.

Jeruk

Bukan hanya memiliki kandungan vitamin C, jeruk juga dikenal sebagai buah berprotein tinggi. Jeruk dengan ukuran yang sedang mengandung 1,2 gram protein. Namun, untuk mendapatkan semua kandungan protein dalam jeruk, sebaiknya konsumsi jeruk dalam bentuk buah.

Kiwi

Dalam satu buah kiwi terdapat 2 gram protein di dalamnya. Selain itu, kamu juga tidak perlu melakukan banyak persiapan untuk mengonsumsi buah ini. Kamu hanya perlu mencuci buah kiwi dan memotong sesuai dengan selera untuk menikmati kiwi.

Populer video

Berita lainnya