Ketahui Cara Terlepas dari Hubungan Toxic

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada kalanya seseorang terjebak dalam hubungan yang toxic sehingga membawa pengaruh negatif dalam kehidupannya. Tentunya hubungan toxic akan membuat gundah. Di satu sisi Anda sangat menyayangi pasangan, namun di sisi lain, Anda sadar hubungan yang sedang dijalani malah menyakiti kesehatan mental sendiri.

Nah, agar dapat benar-benar terlepas dari hubungan toxic, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Melansir laman halodoc, simak informasi berikut ini.

Berhenti menyangkal

Berhenti menyangkal segala yang terjadi pada hubungan yang sedang dijalani. Sebab, kebanyakan orang memilih mempertahankan hubungannya dan berharap suatu saat pasangannya akan berubah. Kemungkinan tersebut sangat kecil, apalagi kalau memang tabiat pasangan sudah negatif.

Ekspresikan perasaan Anda pada pasangan

Penting untuk mengungkapkan perasaan kepada pasangan yang berada dalam hubungan toxic denganmu. Percakapan ini sering kali menjadi panas dan disusul emosi. Jika orang lain mudah marah atau sangat emosional, mungkin yang terbaik adalah menuliskan perasaan. Jika orang tersebut dewasa secara emosional, percakapan pribadi dari hati ke hati mungkin yang terbaik.

Buat keputusan dengan matang

Jika pasangan mengakui segala keburukannya dan meminta maaf, dan setuju dirinya akan berubah, mungkin hubungan ini masih layak diperjuangkan. Namun, jika perasaan yang Anda rasakan tidak dihiraukan, atau hal-hal toxic dari sebuah hubungan malah semakin menjadi-jadi, segeralah akhiri hubunganmu.

Minta bantuan

Sebagian besar orang sering kembali ke hubungan toxic karena terlanjur nyaman dengan kondisi tersebut. Mereka tidak mengenal persona lain kecuali diri mereka yang hancur. Inilah sebabnya mengapa banyak wanita membentuk tembok batas sebagai mekanisme perlindungan dirinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan, baik dari teman, orangtua, maupun dari profesional seperti psikolog.

Atasi perasaan bersalah yang dirasakan

Jika pada akhirnya Anda memutuskan mengakhiri hubungan toxic, Anda mungkin akan merasa bersalah karena berbagai alasan. Namun, apa pun itu, langkah pertama menuju penyembuhan adalah memaafkan diri sendiri. Sebab, pengampunan dapat membantu untuk pulih secara emosional dan fisik.

Populer video

Berita lainnya