Ini Manfaat Kolang-kaling yang Perlu Anda Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kolang-kaling
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kolang-kaling mungkin menjadi salah satu buah yang sering kita jumpai selama bulan puasa. Memiliki tekstur yang kekenyal, lembut, dan rasanya yang manis, kolang-kaling sering dijadikan campuran untuk minuman es buah atau dibuat manisan.

Di Indonesia sendiri, kolang-kaling juga disebut buah atap atau buah aren. Nah, di balik kelebutan dan kekenyalannya dan rasanya yang manis, ternyata kolang-kaling juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir laman hellosehat, berikut ulasannya.

Mencegah penuaan dini

Arenga pinnata dikenal sebagai buah aren yang kaya kandungan senyawa galactomannan. Yakni sejenis gula polisakarida yang dipercaya memiliki khasiat antipenuaan. Hasil penelitian menemukan bawah galactomannan mampu menghambat tirosinase lebih dari 50 persen. Tirosinase sendiri adalah senyawa yang terlibat dalam sintesis melanin, yang memberikan pigmen warna pada kulit.

Melanin juga bertanggung jawab sebagai salah satu penyebab bintik-bintik hitam, maka kemampuan galactomannan dalam menghambat tirosinase merupakan sebuah sinyal positif. Tak hanya itu, galactomannan juga diketahui mampu melawan radikal bebas pemicu penuaan dini.

Memperlancar sistem pencernaan

Dalam 100 gram kolang-kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat kasar, alias serat tidak larut. Sesuai namanya, serat tak larut tidak bisa larut dalam cairan. Jenis serat ini mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses sehingga serat yang tidak larut air bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami sembelit alias konstipasi.

Mencegah pengeroposan tulang

Penurunan hormon estrogen secara drastis setelah wanita mengalami menopause membuat mereka lebih rentan untuk kehilangan kepadatan dan jaringan tulangnya. Akibatnya, tulang mereka menjadi lebih tipis dan rentan mengalami osteoporosis.

Ternyata kandungan kalsium dan fosfor dalam kolang-kaling juga dapat membantu mencegah penurunan kepadatan tulang pada wanita setelah menopause. Dalam 100 gram kolang-kaling diketahui mengandung sekitar 91 kalsium dan 243 fosfor. Kandungan kalsium dan fosfor ini membuat kolang kaling baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang.

Menghidrasi tubuh

Kolang kaling memiliki kadar air yang relatif tinggi. Belum lagi kandungan vitamin dan berbagai mineral di dalamnya yang menjadikan buah satu ini mampu membantu menghidrasi tubuh Anda. Hidrasi atau mempertahankan jumlah cairan di dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang, baik yang sehat maupun yang sedang sakit.

Populer video

Berita lainnya