Tips Penting dalam Menyiapkan Menu Sahur dan Buka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menyiapkan Menu Sahur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menjalani ibadah puasa Ramadan saat pandemi memang menjadi tantangan tersendiri karena kamu harus memperhatikan asupan makanan dengan cermat. Hal ini penting agar selama berpuasa di bulan Ramadan ini kamu tetap berenergi dan sistem imunitas tubuh tetap terjaga. Karena itu, kamu disarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat dengan pilihan menu yang kaya nutrisi, baik saat sahur dan buka puasa.

Sofia Imany, seorang content creator kuliner, membagikan resep masakan yang cocok untuk sahur dan berbuka puasa. Melansir siaran pers Muslim Pro, melalui konten-kontennya, Sofia juga menyelipkan beberapa tips penting untuk diterapkan saat menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa, di antaranya:

Tambahkan bumbu yang menggugah selera

Kebanyakan orang cenderung malas makan saat sahur karena tidak ada selera. Jadi, tak ada salahnya membuat masakan dengan menggunakan bumbu-bumbu aromatik dan memberi rasa yang menggugah selera. Orek Tempe misalnya, yang menampilkan paduan rasa manis, sedikit asam, dan sedikit pedas. Namun, Anda tetap harus memerhatikan racikan bumbu yang digunakan, agar tidak membuat pencernaan bermasalah.

Konsumsi lebih banyak protein

Anda disarankan untuk mengonsumsi protein saat sahur. Alasannya, protein dikenal sebagai sumber pangan yang dapat membuat kenyang lebih lama, dan dapat memengaruhi kerja hormon-hormon pemicu rasa lapar. Karena itu, saat sahur, perbanyak konsumsi protein dibandingkan karbohidrat. Padukan protein hewani, seperti ikan, telur, daging sapi, dan daging unggas, dengan protein nabati, seperti tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Perbanyak konsumsi serat

Serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena sistem pencernaan butuh waktu lama untuk mencernanya. Serat juga menjadi makanan bagi bakteri-bakteri baik dalam sistem pencernaan, sehingga saluran pencernaan menjadi sehat. Dengan pencernaan yang sehat maka sistem imunitas tubuh akan berfungsi normal. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Berbuka dengan yang manis

Berbuka puasa dengan makanan yang manis akan mengembalikan kadar gula di dalam darahmu yang tadinya rendah menjadi normal. Untuk berbuka puasa, Kolak Candil yang terbuat dari pangan ubi yang diberi paduan gula merah dan santan sebagai kuah dengan rasa manis dan gurih bisa menjadi pilihan Anda.

Populer video

Berita lainnya