Ini Manfaat Beras Merah yang Bagus untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Beras merah (by canvapro)

Pertanyaan tentang beras putih versus beras merah seringkali muncul ketika kamu berada di depan rak-rak beras di toko. Kedua jenis beras ini memiliki ciri khasnya masing-masing, tetapi apakah kamu benar-benar tahu manfaat yang terkandung dalam beras merah?

Beras merah telah lama menjadi pilihan populer bagi mereka yang peduli akan kesehatan. Berbeda dengan beras putih yang telah melalui proses penggilingan , beras merah tetap utuh dengan semua bagian bijinya. Inilah yang membuat beras merah kaya akan nutrisi.

Salah satu manfaat utama beras merah adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat adalah kunci penting dalam menjaga pencernaan kamu tetap sehat. Dengan mengonsumsi beras merah, kamu dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga berat badanmu tetap terkontrol.

Selain itu, beras merah juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, zat besi, dan antioksidan. Vitamin B dikenal penting untuk metabolisme energi tubuh kamu, sementara zat besi membantu dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Antioksidan membantu melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Studi juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi beras merah secara teratur memiliki manfaat. Yaitu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Ini karena kandungan nutrisinya yang membantu mengatur gula darah, kolesterol, dan tekanan darah.

Indeks glikemik (IG) dari beras merah yang lebih rendah. Hal ini berarti beras merah dapat membantu menjaga kadar gula darah kamu tetap stabil. Ini bisa jadi berita baik bagi mereka yang memiliki masalah gula darah tinggi atau diabetes.

Meskipun beras merah memiliki banyak manfaat kesehatan, ini bukan berarti beras putih harus dihindari sepenuhnya. Setiap jenis beras memiliki tempatnya sendiri dalam pola makan seimbang. Namun, jika kamu ingin meningkatkan asupan nutrisimu dan memberi dukungan pada kesehatan jangka panjangmu, Kamu bisa memilih beras merah.

Jadi, ketika kamu berada di toko beras berikutnya, pertimbangkan untuk memilih beras merah sebagai pilihan utamamu. Dengan melakukan itu, kamu tidak hanya memberi tubuhmu makanan yang lebih sehat. Tetapi juga memberikan dukungan untuk gaya hidup yang lebih baik dan lebih berkelanjutan.

Populer video

Berita lainnya