Jarang Diketahui! Ini Manfaat Tidur Telanjang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Nyenyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur berperan penting bagi kesehatan tubuh. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan fungsi otak dan menjaga suasana hati. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi waktu tidur dan menjaga kualitasnya.

Setiap orang punya cara sendiri agar tidur terasa lebih nyaman dan nyenyak. Salah satunya adalah dengan tidur telanjang. Meski tidak umum dilakukan, tidur telanjang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Melansir laman alodokter, berikut penjelasannya.

Tertidur lebih cepat

Manfaat tidur telanjang yang pertama adalah membuat Anda lebih mudah terlelap. Ini karena otak akan mendeteksi suhu tubuh yang dingin sebagai waktu yang tepat untuk tidur. Dengan tidur telanjang, suhu tubuh menjadi lebih cepat turun dan membuat Anda segera tertidur.

Meredakan stres

Suhu tubuh yang lebih dingin saat tidur telanjang juga dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur. Tidur yang nyenyak memungkinkan otak untuk beristirahat sejenak dari situasi yang menimbulkan stres.

Di sisi lain, kurang tidur bisa membuat tubuh lebih banyak memproduksi hormon kortisol atau hormon stres. Pada akhrinya, stres malah makin membuat sulit tidur di malam hari.

Menjaga kesehatan kulit

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kurang tidur dapat mengurangi kemampuan sel kulit untuk melakukan regenerasi. Dengan tidur telanjang, Anda bisa lebih cepat tidur sehingga waktu tidur pun dapat tercukupi. Selain itu, tidur telanjang juga dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur yang akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Menjaga berat badan tetap ideal

Meningkatnya kualitas tidur karena tidur telanjang, secara tidak langsung juga dapat mencegah kenaikan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini berdasarkan penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur berkontribusi pada penambahan berat badan.

Selain dengan menjaga kualitas dan kuantitas tidur, berat badan yang normal juga diperoleh melalui pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin.

Mencegah diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kualitas tidur yang baik akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Agar kebutuhan waktu dan kualitas tidur terpenuhi, Anda bisa mencoba tidur telanjang agar tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Menjaga kesehatan vagina

Manfaat tidur telanjang lainnya adalah mencegah infeksi vagina. Pasalnya, celana dalam yang ketat atau lembap dapat memicu pertumbuhan jamur sehingga memudahkan munculnya penyakit.

Meningkatkan kesehatan sperma

Manfaat tidur telanjang bukan hanya untuk wanita saja, tetapi juga pria. Sebuah penelitian menyatakan bahwa makin sering pria mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat, makin sedikit jumlah sperma yang dihasilkan.

Populer video

Berita lainnya