Tips Ampuh Mengusir Nyamuk dari Rumah Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membasmi Nyamuk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tak hanya membuat gatal dan bentol, keberadaan nyamuk seringkali membuat kesal. Di kala sedang santai di rumah, tapi malah disibukkan dengan menghalau gigitan nyamuk. Bahkan, suara dengungannya pun seringkali membuat kita terganggu ketika hendak tidur.

Di samping itu, gigitan nyamuk juga berpotensi menimbulkan penyakit seperti malaria, demam berdarah dengue (DBD), chikungunya, dan lain-lain. Untuk itu, Anda perlu tahu cara mengusir nyamuk yang ampuh. Melansir laman klikdokter, berikut cara ampuh mengusir nyamuk yang bisa Anda lakukan di rumah.

Pasang kasa nyamuk

Anda dianjurkan untuk memasang kasa nyamuk guna menghalangi nyamuk masuk ke dalam rumah. Kasa nyamuk dapat dipasang di tempat-tempat tertentu seperti jendela, ventilasi, bagian bawah pintu rumah, dan lain-lain.

Jangan ada genangan air

Pastikan untuk menutup rapat bak berisi air yang tidak dipakai, sehingga mencegah nyamuk berkembang biak di dalamnya. Perhatikan juga benda-benda yang mungkin berisi air lainnya, misalnya pot tanaman, tempat penampungan air AC, dispenser, vas bunga, dan lain-lain. Anda juga disarankan untuk menaburkan bubuk abate di penampungan air agar tidak menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Gunakan alat pengusir nyamuk

Salah satu cara mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan obat pengusir nyamuk, baik bakar, semprot, maupun elektrik. Karena mengandung bahan kimia, sebaiknya gunakan dengan hati-hati. Jangan sampai terhirup berlebihan, apalagi yang menghirupnya adalah anak-anak.

Hindari menggantung baju

Tempat yang kerap luput adalah tumpukan pakaian atau pakaian yang digantung. Kebiasaan tersebut berisiko “mengundang” nyamuk berkembang biak. Nyamuk memang menyukai tumpukan atau kain yang menggantung, apalagi jika dalam kondisi kotor. Maka itu, selalu letakkan baju di dalam lemari dan segera cuci baju yang baru Anda pakai.

Hindari tumpukan barang

Barang yang berserakan, menumpuk, dan sudah bekas biasanya menjadi sasaran empuk untuk nyamuk tinggal. Jadi, selalu jaga rumah Anda tetap bersih agar tidak ada nyamuk yang berkembang biak.

Menjaga suhu rumah tetap sejuk

Nyamuk tidak dapat terbang dengan kuat, sehingga menempatkan kipas angin atau menyalakan AC dapat menjadi cara mengusir nyamuk. Selain itu, nyamuk merupakan serangga berdarah dingin yang akan lebih aktif mencari makan pada suhu yang hangat. Aliran angin yang keluar dari kipas angin atau AC dapat menyulitkan nyamuk untuk terbang di sekitar Anda.

Pencahayaan terang

Nyamuk memiliki pola tertentu dalam mencari makan. Misal, nyamuk Aedes aegypti umumnya akan mencari makan pada sore atau malam hari, di dalam ruangan, atau di area yang pencahayaannya kurang. Oleh karena itu, pastikan bahwa pencahayaan di rumah Anda terang dan hindari beraktivitas di tempat yang gelap atau redup.

Populer video

Berita lainnya