Mengenal Istilah Celebrity Worship dan Jenisnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Celebrity Worship
Foto: Istimewa

Celebrithink.comCelebrity worship adalah istilah untuk menggambarkan ketertarikan dan kekaguman yang berlebihan terhadap seorang selebritis. Orang yang dalam kondisi ini biasanya memiliki kecenderungan mencari informasi lebih jauh seputar idola mereka, termasuk kehidupan pribadinya.

Bahkan, terkadang mereka juga melakukan hal yang cukup ekstrem, seperti menguntit. Hal ini mereka lakukan guna mengetahui setiap kegiatan yang dilakukan idolanya tersebut. Bila ini dibiarkan berlarut-larut, perilaku ini bisa merugikan diri sendiri, termasuk selebritis yang diidolakan.

Berdasarkan tingkatannya, celebrity worship terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Entertainment social, Intense personal dan Borderline pathological. Hingga kini belum ada penyebab pasti terjadinya celebrity worship. Melansir laman alodokter, setidaknya ada beberapa faktor yang diduga mendasari munculnya perilaku celebrity worship.

Usia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa usia 11–17 tahun umumnya berisiko lebih tinggi mengalami celebrity worship. Namun, gangguan ini biasanya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Jenis kelamin

Jenis kelamin juga bisa menjadi faktor yang mendasari terjadinya celebrity worship ini. Umumnya, gangguan ini lebih sering terjadi pada wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan pria pun bisa menyukai idolanya secara berlebihan.

Penampilan fisik

Penampilan fisik idola atau selebritis juga bisa membuat seseorang mengaguminya secara berlebihan. Hal ini yang juga sering membuat seseorang meniru gaya berpakaian, tatanan rambut, bahkan perilaku dari sosok selebritas tersebut.

Masalah kesehatan mental

Seseorang juga lebih berisiko mengalami celebrity worship bila memiliki masalah kesehatan mental tertentu, seperti depresi, psikosis, kecemasan sosial, gangguan obsesif kompulsif, gangguan kepribadian narsistik, dan erotomania.

Seseorang yang mengalami celebrity worship terkadang tidak menyadari bahwa mereka mengagumi idolanya secara tidak wajar dan berlebihan. Terkadang, mereka sering mencari informasi kehidupan pribadi sang idola secara brutal, bahkan rela meninggalkan pekerjaannya untuk mengikuti kegiatan selebritis tersebut.

Populer video

Berita lainnya