Tips Aman Mengonsumsi Susu Kental Manis Sebagai Teman Sarapan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Susu Kental Manis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Susu kental manis terbuat dari susu sapi dengan menghilangkan sebagian besar kandungan airnya sehingga susu berubah menjadi lebih kental. Setelah mengental, susu sapi ditambahkan gula, disterilkan, dan dimasukkan ke dalam kaleng.

Namun kini, kemasan susu kental manis bukan hanya berupa kaleng, tetapi lebih bervariasi dalam bentuk sachet dan pouch. Dengan begitu, kemasan yang beragam ini sangat memudahkan untuk mengonsumsi dan menyimpannya kembali.

Hal ini membuat susu kental manis memiliki banyak penggemar terutama untuk menjadi teman sarapan keluarga. Nah, melansir laman hellosehat, berikut tips aman mengonsumsi susu kental manis sebagai teman sarapan.

Sebagai topping makanan

Susu kental manis digunakan sebagai topping tambahan pada berbagai camilan, seperti pancake, roti bakar, puding dan salad buah. Camilan ini bukan hanya dimakan ketika senggang tetapi bisa menjadi menu sarapan keluarga sebelum beraktivitas. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikannya ke dalam berbagai bentuk.

Fakta menarik lainnya yaitu bukan hanya sebagai pelengkap sarapan tetapi bisa menjadi sumber energi. Sebab, setiap satu porsinya mengandung 130 kkal sehingga cukup untuk mendukung asupan energi harian.

Sebagai campuran minuman

Susu kental manis dapat dijadikan tambahan rasa manis pada minuman favorit, seperti kopi atau teh. Seduh teh atau kopi terlebih dahulu. Pastikan bubuk teh atau kopi sudah teraduk rata. Kemudian setelah teraduk rata, barulah tuangkan susu kental manis ke dalam teh atau kopi yang sudah diseduh.

Perhatikan label produk di balik kemasan

Sebelum membeli produknya, ada baiknya untuk selalu memperhatikan label di balik kemasan. Biasanya pada label kemasan dijelaskan mengenai informasi nilai gizi yang terkandung dalam produk tersebut.

Pilihlah susu kental manis yang mengandung zat gizi makro seperti protein, karbohidrat dan lemak. Agar hidangan lebih nikmat, Anda dapat menggunakan susu kental manis yang berlabel full cream sehingga kreasi makanan atau minuman nanti menjadi lebih creamy

Tips lainnya, pastikan produk yang Anda beli terbuat dari susu segar dan tertulis “Full Cream” di kemasannya, serta mengandung 9 mineral dan 5 vitamin. Pada label di belakang kemasan juga terdapat masa kedaluwarsa susu kental manis tersebut. Semakin lama jangka waktu kedaluwarsa maka akan semakin baik.

Populer video

Berita lainnya