Tips Menjaga Kesehatan Otak dan Menghindari Perasaan Burn Out

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ciri Ciri Burnout
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Apakah Anda pernah mengalami kondisi burn out? Meski kondisi ini umumnya dipicu situasi yang berhubungan dengan pekerjaan, ternyata aspek kehidupan lain juga dapat memicu burn out. Mulai dari urusan rumah tangga, hubungan, hingga self-development bahkan dapat membuatmu jenuh dan burn out.

Memanjakan diri atau self-reward kerap menjadi solusi cepat guna menyiasati kondisi ini. Di samping itu, memanjakan otak juga tak kalah penting dilakukan. Sebab, kesehatan otak dan kondisi mental seseorang memiliki hubungan yang saling berkesinambungan. Melansir siaran pers ShopeePay, begini cara menjaga kesehatan otak dan menghindari perasaan burn out.

Cari kebahagiaan di sekitar

Sebelum larut dalam perasaan burn out, ada baiknya mencari kebahagiaan di sekitar. Anda bisa mulai dari melakukan hobi yang dulu membawa kebahagiaan, atau mungkin keluar rumah sejenak untuk berjalan kaki dan menghirup udara segar.

Bangun rutinitas meditasi

Melalui kegiatan meditasi, otak akan dilatih untuk beristirahat sehingga mampu membantu mengurangi stres dari rasa burn out. Di saat yang bersamaan, kegiatan ini juga dapat membantu melatih daya fokus serta pengolahan emosi. Untuk memulai rutinitas ini, Anda bisa mencoba berbagai macam metode hingga menemukan cara yang paling cocok dan mendatangkan manfaat.

Terapkan mindfulness dalam keseharian

Salah satu penyebab perasaan burn out adalah situasi yang monoton. Hal tersebut bisa membuat seseorang merasa jenuh sehingga hari-hari dijalani secara auto-pilot dan terburu-buru tanpa istirahat. Tanamkan pola pikir mindful atau kesadaran penuh atas apa yang Anda rasakan, lakukan, maupun keadaan yang sedang terjadi di sekitar.

Melalui mindfulness, Anda akan belajar untuk fokus dengan apa yang ada di depanmu sehingga pikiran pun terasa tenang. Terapkan juga pola pikir ini ketika memilih menu santapan harian. Karena bagaimanapun, asupan nutrisi yang baik akan menyehatkan otak juga.

Gali potensi diri melalui refleksi nilai dan tujuan hidup

Saat mengalami burn out, kita seringkali merasa kehilangan arah. Sehingga, inilah waktunya untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi diri tentang nilai dan tujuan hidup. Mulailah dengan mengeksplorasi hal-hal dan kegiatan yang Anda gemari.

Populer video

Berita lainnya