Cara Alami Mengobati Sakit Mata Merah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sakit Mata Merah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pada umumnya setiap orang pernah mengalami sakit mata. Kondisi ini terjadi ketika adanya pembengkakan atau pelebaran pembuluh kecil di antara bagian putih mata (sklera) dan selaput di bagian dalam kelopak mata (konjungtiva). Hal ini dapat disebabkan beberapa faktor, mulai dari iritasi, alergi, atau infeksi.

Sakit mata merah bukan hanya dapat mengganggu penampilan anda, tapi juga cukup sering menimbulkan ketidaknyamanan. Guna meredakannya, ada sejumlah cara yang bisa anda coba, baik yang bersifat alami maupun dengan obat-obatan medis. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini cara alami untuk mengobati sakit mata merah.

Membasuh dengan air

Ketika mengalami sakit mata merah karena kemasukan benda asing, seperti debu atau pasir, segeralah bersihkan mata anda dengan cara membasuhnya menggunakan air mengalir. Setelah itu, cobalah berkedip beberapa kali hingga benda tersebut keluar.

Saat mata kemasukan benda asing, pastikan untuk tidak mengucek-ucek mata. Pasalnya, hal ini justru dapat mendorong partikel masuk lebih dalam ke mata dan sulit dikeluarkan.

Kompres hangat atau dingin

Kompres hangat pada mata dapat meredakan sakit mata merah yang disertai nyeri dan gatal. Namun, bila sakit mata merah akibat iritasi sampai menimbulkan pembengkakan, anda bisa mengatasinya dengan kompres dingin.

Anda cukup merendam kain bersih atau waslap yang lembut di dalam air hangat atau dingin, lalu angkat dan peras. Setelah itu, letakkan kain atau waslap tersebut pada area mata selama 10 –15 menit. Anda bisa melakukan kompres mata dengan cara ini sebanyak 2–3 kali sehari.

Kompres dengan air mawar

Tidak hanya berguna untuk merawat kecantikan kulit, air mawar juga dapat membantu mengatasi keluhan sakit mata merah. Cara cukup mudah. Anda hanya perlu mengompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar. Diamkan kompres pada mata selama sekitar 20 menit.

Kompres dengan kantung teh

Studi menyebutkan bahwa kantung teh memiliki banyak manfaat untuk mengatasi keluhan pada mata, mulai dari mata panda, bintitan, hingga mata merah.

Untuk meredakan sakit mata merah, anda bisa mengompres mata dengan kantung teh calendula, teh chamomile, atau teh hijau, karena jenis teh ini memiliki sifat antiradang yang baik untuk mengurangi pembengkakan sekaligus iritasi mata.

Populer video

Berita lainnya