Beragam Minuman Tradisional dan Manfaatnya untuk Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minuman Tradisional
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Indonesia tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tapi juga kaya akan keragaman minuman tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh. Proses pengolahan yang menggunakan rempah dan tanaman herbal inilah yang membuat minuman tradisional kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat utama minuman tradisional adalah meningkatkan imunitas tubuh. Itulah sebabnya mengapa minuman tradisional baik dikonsumsi secara rutin. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa jenis minuman tradisional serta manfaatnya bagi tubuh.

Bandrek

Bandrek merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari jahe dan gula merah. Agar rasanya menjadi lebih nikmat, biasanya minuman ini ditambahkan campuran serai, susu, dan kelapa muda. Saat menikmatinya, badan Anda akan terasa hangat karena efek dari jahe.

Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, jahe pada bandrek juga bermanfaat untuk meredakan paradangan dan membantu meringankan gejala flu, batuk, pusing, demam, mual dan muntah, bahkan nyeri sendi.

Bajigur

Bajigur juga merupakan minuman tradisional asal Jawa Barat. Memiliki rasa gurih manis karena berbahan dasar gula aren dan santan, dalam penyajiannya bajigur sering kali ditambahkan kolang-kaling, jahe, dan kayu manis. Meski memiliki rasa yang manis, mengonsumsi bajigur tidak membuat kadar gula darah cepat naik. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga kadar gula darah bisa tetap stabil.

Tak hanya itu, beragam nutrisi dan zat yang terkandung dalam gula aren, jahe, dan kayu manis pada bajigur juga membuat minuman ini baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem pencernaan, serta mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah.

Beras Kencur

Minuman yang satu ini memang banyak ditemukan di banyak daerah di Indonesia dalam bentuk jamu. Berbahan dasar beras dan rimpang kencur, minuman ini diracik menggunakan berbagai bahan lainnya, seperti asam jawa atau jahe, gula merah, dan daun pandan.

Secara turun-temurun, beras kencur telah digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit perut, pilek, dan nyeri dada. Selain itu, tingginya kandungan antioksidan dalam kencur juga bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Sari temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman herba khas Indonesia yang sering kali digunakan sebagai jamu. Tumbuhan herbal ini mengandung beragam nutrisi dan zat yang memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Beberapa riset menunjukkan bahwa jamu sari temulawak memiliki banyak manfaat seperti mengobati sakit kepala, sakit perut, perut kembung, sembelit, radang sendi, dan sariawan, hingga meningkatkan imunitas tubuh serta nafsu makan.

Wedang Uwuh

Minuman tradisional khas tanah Jawa ini memiliki aneka ragam nutrisi di dalamnya. Wedang uwuh terbuat dari campuran berbagai rempah, mulai dari potongan jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, hingga minyak sereh.

Sejak lama Wedang uwuh memang dikenal khasiatnya untuk meredakan gejala flu, seperti pilek, batuk, demam, meriang, dan sakit kepala. Bahkan, wedang uwuh juga membantu melegakan sakit tenggorokan, meringankan rasa mual, serta meredakan nyeri otot dan sendi.

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebut saja teh talua khas Sumatera Barat, bir pletok khas Betawi, sarabba khas Makassar, dan masih banyak lagi lainnya.

Populer video

Berita lainnya