Jangan Sampat Terlewat! ini Akibat Telat Makan bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pola Makan Sehat
Foto: Istimewa

Celebritink.com – Dalam sehari, waktu makan terbagi menjadi tiga. Yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Ketiganya perlu dipenuhi untuk menunjang kinerja tubuh untuk menjalani aktivitas yang dijalani.

Nyatanya, banyak orang yang menyepelekan waktu makan. Bangun kesiangan misalnya, yang menjadi alasan melewatkan sarapan. Atau menunda makan siang karena alasan sibuk bekerja.

Padahal, telat makan memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Melansir laman Alodokter, berikut akibat telat makan yang merugikan.

Sulit konsentrasi

Otak membutuhan bahan bakar untuk bekerja dengan baik. Bahan bakar itu dapat diperoleh lewat makanan sehat. Dengan sering menunda waktu makan, Anda akan sulit berkonsetrasi, dan susah mengingat hal-hal penting.

Sakit maag

Asam lambung memiliki peran penting dalam memproses makanan, agar mudah diserap oleh tubuh dan membunuh kuman penyebab penyakit dalam saluran pencernaan.

Ketika menunda waktu makan dan membiarkan perut kosong selama beberapa jam, asam lambung yang seharusnya digunakan untuk memproses makanan akan menumpuk. Alhasil, Anda dapat mengalami sakit maag.

Mudah lelah

Tubuh membutuhkan energi yang berasal dari makanan. Saat melewatkan waktu makan, artinya makanan yang ada di dalam perut hanya sedikit. Jumlah makanan tersebut tidak cukup diubah menjadi energi, dan membuat tubuh lebih bertenaga.

Akibatnya, tubuh jadi mudah lelah lantaran harus bekerja keras, sementara bahan bakar tidak mencukupi.

Kenaikan berat badan

Saat melewatkan waktu makan, Anda akan menganggap waktu makan yang sudah lewat bisa dibayar pada waktu makan berikutnya. Semisal melewatkan sarapan membuat makan siang dengan porsi lebih banyak.

Padahal anggapan itu keliru. Hutang makanan saat sarapan tidak bisa dibayar saat makan siang tiba. Makan siang dengan porsi berlebih justru bisa menyebabkan perut terasa sakit, kembung, dan mual.

Selain itu, jumlah makanan yang dikonsumsi berlebihan secara terus-menerus, apalagi jenisnya tidak sehat, bisa menyebabkan berat badan naik dan bahkan obesitas.

Mudah sakit

Telat makan menyebankan Anda jadi mudah sakit. Ini karena segala jenis makanan yang kamu konsumsi bisa memberikan nutrisi pada tubuh.

Bila menunda waktu makan atau bahkan tidak makan sama sekali, kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh tidak tercukupi. Akibatnya, daya tahan tubuh bisa melemah dan Anda jadi mudah terinfeksi kuman penyebab penyakit.

Suasana hati tidak menentu

Perut kosong dalam waktu lama menyebabkan kadar gula darah menurun. Rendahnya kadar gula darah membuat tubuh harus melepas hormon kortisol dan hormon adrenalin untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

Namun, hal iyu justru bisa membuat suasana hati jadi tidak karuan. Inilah alasan kenapa orang yang lapar cenderung lebih sensitif dan mudah marah.

Populer video

Berita lainnya