Simak Tips Mengelola Emosi Saat Puasa Ramadhan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Cepat Meredam Emosi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Puasa bukan hanya menahan lapar semata, melainkan juga menahan dan mengendalikan emosi. Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan emosi, agar puasa yang dijalani tidak sia-sia.

Rupanya, mencukupi kebutuhan nutrisi ketiak sahur dan berbuka dengan makanan bergizi penting dilakukan bagi mereka yang berpuasa. Dengan menerapkan pola makan sehat, dapat membantu tetap tenang selama menjalani ibadah puasa.

Dengan mengonsumsi protein dan serat bisa membantu seseorang merasa lebih kenyang selama berpuasa. Sedangkan makanan tinggi lemak jenuh lebih cepat dicerna sehingga membuat seseorang mudah merasa lapar. Ada baiknya seseorang menghindari makanan tinggi lemak jenuh dengan menambah konsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka.

Cukup Beristirahat

Selain memenuhi asupan nutrisi, orang yang berpuasa disarankan cukup beristirahat agar bisa lebih sehat dan fokus beraktivitas sehari-hari. Hal ini juga didukung riset, bahwa beristirahat sekitar 6 hingga 7 jam bisa membantu seseorang menjaga kesehatan mental agar lebih stabil.

Menjaga kebersihan tempat tidur juga penting untuk mendapatkan tidur berkualitas. Kondisi tempat tidur yang kurang bersih akan berdampak pada suasana hati dan menurunkan kualitas tidur.

Journaling

Seseorang perlu mencari cara mencurahkan perasaan dan keluh kesah tanpa menyakiti perasaan orang lain serta membatalkan puasa. Hal itu bisa dilakukan dengan journaling.

Menuliskan keluh kesah dan perasaan bisa meredakan emosi negatif tanpa merugikan pihak lain atau terbawa emosi di kemudian hari. Journaling juga bisa jadi salah satu media refleksi diri agar kamu bisa belajar menjaga kesehatan mental dengan lebih baik lagi.

Melakukan Hobi

Orang yang tengah berpuasa menggunakan waktu luang sebaik-baiknya. Semisal dengan melakukan aktivitas yang disenangi atau mengeksplor hal-hal baru yang belum pernah dicoba. Dengan melakukan hobi, hormon dopamin akan didapat sehingga membantu seseorang merasa lebih bahagia.

Populer video

Berita lainnya