Mendambakan Punya Wajah Tirus? Coba Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Wajah Tirus
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang, khususnya wanita, ingin memiliki bentuk wajah yang tirus. Sebab, hal itu dianggap dapat memberi kesan tubuh terlihat fit dan ramping.

Apalagi, salah satu standar kecantikan yang sedang menjadi tren saat ini wajah tirus. Nah, bagi anda yang ingin membentuk wajah agar terlihat lebih ramping atau tirus, coba lakukan beberapa cara berikut yang dilansir dari laman alodokter.

Menggunakan kosmetik atau make-up

Cara paling mudah agar wajah terlihat tirus adalah dengan memakai kosmetik atau make-up. Anda bisa menggunakan teknik contouring untuk membentuk wajah menjadi lebih tirus, menonjolkan paras alami wajah, serta membentuk garis rahang dan hidung Anda.

Ubah gaya rambut

Mengubah gaya rambut juga bisa membuat wajah terlihat lebih tirus. Namun, pemilihan gaya rambut sebaiknya disesuaikan dengan bentuk wajah.:

  • Untuk bentuk wajah bulat, disarankan memilih gaya rambut berlapis (layer) dan jauhi tatanan rambut bob atau rambut yang dipotong rata.
  • Untuk wajah persegi, disarankan untuk tidak memotong rambut sependek rahang.
  • Sementara untuk wajah berbentuk hati, dianjurkan memilih rambut pendek dan berponi dengan layer di sekitar tulang pipi.

Lakukan senam wajah

Rutin melakukan senam wajah merupakan salah satu cara untuk mengencangkan otot wajah dan membuatnya tampak lebih ramping. Anda bisa berdiri atau duduk di depan cermin lalu coba beberapa latihan berikut ini:

  • Menggembungkan pipi selama beberapa detik, lalu dorong udara dari satu pipi ke pipi lain selama beberapa detik.
  • Menahan senyum sambil menggertakkan gigi selama beberapa detik.
  • Buka mulut dengan lebar lalu ucapkan huruf ā€œOā€ kemudian ā€œEā€, usahakan untuk tidak menunjukkan gigi saat mengucapkan huruf tersebut. Ulangi selama 15 kali.

Kurangi asupan garam

Konsumsi garam berlebihan dapat membuat tubuh menyimpan lebih banyak cairan, sehingga membuat tampak sedikit membengkak. Jika terjadi di pipi, maka pembengkakan tersebut akan membuat pipi terlihat lebih tembem.

Oleh karena itu, batasi konsumsi garam agar wajah tampak lebih tirus dan ramping. Selain untuk alasan kecantikan, membatasi asupan garam juga baik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Memperbanyak minum air

Minum air yang cukup dapat mengurangi jumlah garam di dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Hal ini dianggap dapat mencegah penumpukan cairan dan pembengkakan pada wajah.

Mencukupi waktu tidur

Kurang tidur dapat mengganggu metabolisme dan meningkatkan kadar hormon stres atau kortisol dalam tubuh. Hal tersebut dapat memicu peningkatan nafsu makan hingga mengakibatkan penimbunan lemak di tubuh dan wajah, serta naiknya berat badan.

Mesoterapi

Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan zat kimia khusus, misalnya enzim, vitamin, atau ektrak tanaman, untuk menghancurkan jaringan lemak. Jika dilakukan pada wajah, mesoterapi dapat mengecilkan ukuran pipi dan membuatnya terlihat lebih tirus.

Selain membuat wajah tampak tirus, mesoterapi juga berguna untuk mengencangkan wajah, memutihkan kulit, dan menyamarkan keriput atau garis-garis di wajah, sehingga membuat wajah tampak awet muda.

Tanam benang

Cara lain untuk membentuk wajah tirus tanpa harus lrepot menjalani operasi adalah dengan prosedur tanam benang. Cara ini dapat dikerjakan oleh dokter estetika dan dokter spesialis bedah plastik. Namun efeknya hanya bertahan sekitar 1-3 tahun.

Operasi

Prosedur operasi untuk memperbaiki bentuk wajah atau membuat wajah lebih tirus bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

Operasi sedot lemak

Sedot lemak bisa dilakukan di bagian tubuh mana pun, termasuk wajah. Untuk membentuk wajah agar lebih tirus, operasi sedot lemak biasanya dilakukan pada daerah pipi, dagu, dan leher.

Operasi buccal fat removal

Buccal fat removal merupakan tindakan operasi plastik untuk membuang jaringan lemak di pipi. Hasilnya, wajah pun akan terlihat lebih tirus dan ramping. Biasanya operasi ini juga dibarengi dengan prosedur lain, seperti face lift.

Populer video

Berita lainnya