Berapa Telur yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Telur merupakan makanan yang bergizi. Satu telur mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Telur adalah sumber protein lengkap, kaya vitamin B12, vitamin D dan beberapa antioksidan lainnya, yang membantu kita tetap sehat dan mencegah penyakit kronis.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi telur pun tidak baik juga untuk kesehatan, karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi pada kuning telur. Selain itu, terlalu banyak makan telur juga dikaitkan dengan penyakit perut. Maka dari itu, dilansir dari laman Times of India, sebenarnya berapa banyak telur sih yang aman dikonsumsi dalam sehari?

Telur dan kadar kolesterol

Mengkonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari dipercaya dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Itu karena kandungan kolesterol dalam kuning telur yang tinggi. Satu kuning telur mengandung sekitar 200 miligram (mg) kolesterol, sementara jumlah yang disarankan dalam seharinya tidak lebih dari 300 mg. Tetapi penelitian terbaru menegaskan bahwa kolesterol makanan memiliki sedikit pengaruh pada tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Faktanya, lemak jenuh makananlah yang meningkatkan tingkat kolesterol.

Jumlah yang aman dikonsumsi

Tidak ada jawaban spesifik ketika kita berbicara tentang berapa banyak telur yang bisa dikonsumsi dengan aman dalam sehari. Setiap orang memiliki padangan yang berbeda-beda. Tetapi berdasarkan penelitian terbaru, rata-rata orang sehat dapat mengonsumsi hingga tujuh telur per minggu. Jika tidak menderita masalah kesehatan apa pun atau belum mendapati efek sampingnya, anda dapat mengonsumsi hingga tiga telur dalam sehari.

Efek samping terlalu banyak makan telur

Telur itu sehat dan bergizi, tetapi tidak berarti Anda bisa memakannya sebanyak yang Anda mau. Untuk hidup panjang umur dan sehat, penting untuk memasukkan setiap jenis makanan ke dalam makanan Anda. Makanan yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan dan hal yang sama berlaku untuk telur.

Mengonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari, terutama di musim panas, menyebabkan panas dalam tubuh meningkat, yang dapat menyebabkan masalah pada buang air besar. Bahkan dapat menyebabkan diare, terutama pada anak kecil. Sehinggam mengontrol asupan makanan adahal hal yang penting.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan dengan jelas jumlah maksimum telur yang aman dikonsumsi seseorang dalam sehari. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk sampai pada kesimpulan yang pasti. Meki begitu, anda disarankan untuk makan makanan apa pun dalam jumlah sedang. Tidak kekurangan, tidak juga berlebihan.

Populer video

Berita lainnya