Merasa Terlalu Kurus? Simak Cara Cepat Menaikkan Berat Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Badan Kurus
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketika banyak orang yang berusaha untuk menurunkan berat badannya, di sisi lain, ada juga yang ingin menambah berat badan lantara merasa terlalu kurus. Pada dasarnya, berat badan ideal ditentukan melalui perhitungan indeks massa tubuh (IMT). Berat badan yang ideal memiliki IMT sebesar 18,5–24,9. Seseorang dikatakan kekurangan berat badan atau underweight apabila menunjukkan angka di bawah 18,5.

Meski mencapai berat badan ideal bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang underweight, tetapi ada beberapa cara mudah untuk menaikkan berat badan dengan cepat. Melansir laman alodokter, simak cara cepat menaikan berat badan bagi Anda yang merasa terlalu kurus.

Meningkatkan asupan kalori

Salah satu kunci untuk menaikkan berat badan dengan cepat adalah memperbanyak asupan kalori daripada kebutuhan kalori sebenarnya. Tambahkan asupan kalori sekitar 700–1000 kalori dari total kebutuhan kalori harian. Beberapa sumber makanan tinggi kalori yang bisa dikonsumsi meliputi keju, alpukat, granola, kacang almond, dan daging tanpa lemak.

Rutin berolahraga

Orang yang kekurangan berat badan tetap perlu rutin berolahraga untuk meningkatkan massa otot. Sebab, bbertambahnya massa otot juga akan meningkatkan berat badan. Agar berat badan bertambah, lakukan olahraga yang fokus pada kekuatan otot setidaknya 2–3 hari dalam seminggu.

Meningkatkan asupan protein

Asupan protein baik untuk meningkatkan massa otot. Anda dapat mengonsumsi asupan protein sebanyak 2–3,5 gram protein per kilogram berat badan setiap harinya. Beberapa jenis makanan berprotein tinggi yang dapat dikonsumsi adalah daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur dapat menambah berat badan karena metabolisme tubuh melambat saat tidur. Hal ini memungkinkan kalori yang masuk disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Namun, cara ini mungkin tidak cocok bila Anda menderita GERD, sebab gejala GERD bisa kambuh akibat kebiasaan makan sebelum tidur.

Memilih minuman yang tinggi kalori

Selain makanan, Anda bisa mendapatkan tambahan kalori dari minuman. Pilihlah susu sapi atau jus buah tanpa tambahan gula agar berat badan cepat naik. Hindari minuman kemasan yang tinggi gula atau pemanis buatan karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti diabetes.

Populer video

Berita lainnya