Ini Alasan Perlunya Double Cleansing untuk Wajah Bersih Maksimal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pori-pori Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pada waktu tertentu, ada baiknya mencoba metode double cleansing, agar wajah bersih maksimal. Double cleansing atau pembersihan ganda adalah metode membersihkan wajah dengan menggunakan dua jenis pembersih (cleanser). Metode ini telah lama dilakukan wanita Asia, seperti Jepang dan Korea.

Tahap pertama dalam double cleansing biasanya menggunakan pembersih berbahan dasar minyak (oil cleanser). Ini disebut sebagai first cleanser. Setelah itu, cuci muka seperti biasa dengan facial wash. Itu sebabnya, facial wash disebut juga second cleanser. Meski terkesan merepotkan, namun metode double cleansing memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Melansir laman sehatQ, simak penjelasannya berikut ini.

Membersihkan wajah lebih menyeluruh

Para ahli kesehatan berpendapat kalau membersihkan wajah satu kali tidaklah cukup. Terlebih, jika Anda kerap beraktivitas di wilayah yang rentan terpapar debu dan kotoran akibat polusi udara. Karenanya, pentingnya double cleansing tidak hanya mengangkat make up secara menyeluruh, tapi juga membantu membersihkan debu dan kotoran akibat paparan polusi.

Membantu penyerapan produk skincare

Manfaat double cleansing lainnya adalah membantu bahan zat aktif dalam produk skincare meresap ke dalam kulit dengan optimal, setelah membersihkan wajah. Produk perawatan kulit, seperti toner, essence, serum, dan pelembap, akan sulit menyerap jika masih terdapat sisa kotoran. Namun, akan bekerja dengan baik jika kulit wajah sudah bersih.

Mencegah penyumbatan pori-pori wajah

Manfaat double cleansing juga dapat mencegah penyumbatan pori-pori wajah. Tak dipungkiri, banyak orang yang terburu-buru saat mencuci muka sehingga kurang bersih. Akibatnya masih ada kotoran tertinggal, sisa make up, minyak berlebih, dan sel kulit mati.

Kondisi tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit di wajah, sehingga Anda lebih berisiko mengalami iritasi, komedo, dan timbul jerawat. Itu sebabnya, double cleansing dapat memastikan kotoran terangkat sempurna sehingga meminimalisir risiko pori-pori tersumbat.

Populer video

Berita lainnya