Begini Cara Mengatasi Doomscrolling

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengatasi Doomscrolling
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Doomscrolling atau doomsurfing merupakan istilah yang menggambarkan seseorang terus-menerus menelusuri media sosial untuk membaca berita buruk. Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Akibatnya, orang yang sering melakukan doomscrolling bisa menjadi sering stres, tertekan, terisolasi dan kesepian, hingga paranoid terhadap hal-hal yang ada di sekitar.

Berbagai riset telah membuktikan bahwa kebiasaan telalu sering mengonsumsi berita buruk dapat meningkatkan risiko gangguan mental, seperti gangguan cemas dan depresi, dan juga penyakit fisik, seperti tekanan darah tinggi, insomnia, dan penyakit jantung. Lantas bagaimana mengatasinya? Dilansir dari laman alodokter, berikut ini cara Mengatasi Doomscrolling

Batasi penggunaan media sosial

Untuk mengatasi doomscrolling, mulailah dengan membatasi penggunaan media sosial. Jika sebelumnya anda bisa mengabiskan waktu berjam-jam atau bahkan seharian memandangi media sosial untuk mencari berita buruk, kini cobalah untuk menguranginya.

Kenali emosi yang dialami

Penting untuk memahami serta sadar akan respons tubuh dan emosi dirimu. Jika anda sudah merasa gelisah, cemas, takut, hingga stres saat membaca berita, segera hentikan aktivitas itu. Jangan paksakan diri untuk terus membaca hal-hal yang membuat anda merasa cemas.

Memilah informasi yang akan dibaca

Alih-alih terus membaca informasi yang negatif, lebih baik bacalah sesuatu yang positif dan menyenangkan. Jadi, ketika sedang menyelusuri media sosial, anda perlu lebih jeli untuk memilih mana informasi yang perlu dibaca dan mana yang tidak.

Selain itu, penting untuk mencari informasi dari sumber yang terpercaya dan kredibel. Hindari mencari informasi yang belum tentu benar atau hoax.

Fokus pada diri sendiri

Taruh ponsel dan lakukan hal-hal yang bermanfaat untuk dirimu. Jalani hobi atau mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan, misalnya olahraga, memasak, membaca, melukis, berkebun, atau fotografi. Menghabiskan banyak waktu yang bermanfaat untuk diri sendiri bisa mencegah doomscrolling dan dampak buruknya.

Silaturahmi dengan orang terdekat

Terlalu sering membaca berita buruk bisa membuat dirimu ketakutan dan cemas berlebihan. Daripada terpuruk dengan keadaan tersebut, cobalah isi waktu dengan hal yang positif, misalnya menjalin komunikasi dengan orang terdekat, baik itu keluarga atau teman-temanmu.

Jika tidak bisa bertemu langsung, kamu bisa berhubungan via video call atau chatting. Dengan menjalin komunikasi yang baik, rasa kesepian bisa diatasi dan kamu pun bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menuangkan isi hatimu.

Populer video

Berita lainnya