Ini Ciri-Ciri Minus Mata Bertambah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tanda Anda Perlu Ganti Kacamata Baru
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata minus atau yang disebut juga dengan miopi atau rabun jauh, merupakan ketidakmampuan melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Orang-orang dengan mata minus memiliki panjang aksial bola mata lebih memanjang. Kondisi ini menyebabkan cahaya yang masuk ke mata memfokuskan gambar di depan retina, bukan tepat ke retina.

Mata minus bisa bertambah terutama selama masa pertumbuhan, misalnya saat praremaja dan remaja. Ketika tubuh tumbuh lebih cepat, miopi bisa menjadi lebih buruk. Melansir laman sehatQ, berikut ini tanda-tanda minus bertambah dan saatnya Anda mengganti kacamata.

Penglihatan semakin kabur

Ciri-ciri minus bertambah yang pertama adalah penglihatan semakin kabur, bahkan ketika menggunakan kacamata minus. Bisa dibilang, kacamata minus Anda sudah tidak cocok lagi karena minus mata bertambah.

Pusing dan sakit kepala

Biasanya, orang dengan mata minus memiliki keluhan sakit kepala pada bagian depan, tepatnya di atas alis mata. Otak Anda bisa mengenali perubahan sekecil apa pun pada mata Anda. Ketika terjadi perubahan penglihatan, otak akan bekerja lebih keras untuk mengatasi masalah tersebut.

Mata semakin lelah dan tegang

Mata Anda akan bekerja lebih keras untuk memfokuskan objek saat minus bertambah. Ini bisa menyebabkan mata lebih cepat lelah dan tegang.

Sering mengernyitkan mata

Secara tidak sadar Anda mungkin akan lebih sering mengernyitkan mata saat minus mata bertambah. Ini merupakan cara alami Anda ketika mencoba memfokuskan objek atau pandangan jauh.

Lebih sensitif terhadap cahaya

Terlalu sensitif terhadap cahaya bisa menjadi ciri-ciri minus bertambah. Sebuah penelitian menyatakan, perubahan pada kornea bisa menjadi penyebab mata lebih sensitif terhadap cahaya saat minus bertambah.

Populer video

Berita lainnya