Sembuhkan Diri dari Patah Hati, Coba Lakukan 5 Langkah Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Move On
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berpisah dari pasangan tentu menjadi momen yang tidak diinginkan. Sedih, stres atau bahkan patah hati akan menggelayuti hati, jika kembali teringat akan kenangan manis bersama pasangan. Mungkin sebagian orang bisa melewati hal ini dengan tegar, namun tak sediki yang sulit beranjak dari keterpurukan akibat patah hati.

Patah hati lantaran berpisah dari pasangan sebenarnya hal yang wajar. Namun jika dibiarkan hingga berlarut-larut, kondisi ini akan memberi dampak buruk pada hidup anda. Nah, agar tidak berlarut-larut, coba lakukan beberapa cara ini untuk bangkit dari patah hati, seperti dilansir dari laman alodokter.

Resapi perasaan sedihmu untuk siap bangkit

Tidak ada salahnya bila anda merasa sedih dan merasa kehilangan saat baru patah hati. Justru penting untuk mengakui dan meresapi emosi yang dirasa setelah perpisahan. Dengan begitu, anda nantinya akan bisa menjadi lebih dewasa dan siap bangkit untuk menjalani hari baru yang lebih baik.

Luangkan waktu buat diri sendiri untuk berduka, merenung, dan berpikir. Meski begitu, jaga dirimu agar tidak berlarut-larut dalam keterpurukan. Karena berduka dan merenung perlu ada batasnya. Jangan sampai anda terlalu banyak sedih dan merenung hingga yang terpikirkan bukan lagi sesuatu yang membangun, melainkan yang negatif dan menyalahi diri sendiri.

Lakukan hal-hal baru

Anda bisa mencari kesibukan baru agar tidak punya celah waktu untuk mengingat atau menangisi perpisahan dengan pasangan. Fokuslah dengan hobi, seperti mengikuti kelas memasak, fotografi, mempelajari hal baru yang kamu minati, atau kegiatan apa saja yang membuatmu senang.

Jika memungkinkan, anda juga bisa mengambil cuti selama beberapa hari untuk pergi berlibur. Anda juga bisa meminta keluarga atau teman-teman terdekat untuk menemani menghabiskan waktu, yang dapat membantu mengalihkan pikiran anda dari mantan.

Berdamai dengan masa lalu

Banyak orang yang sulit move on setelah patah hati karena cenderung berpikir kebahagiaan hanya bisa didapat dari si dia saja. Padahal ada banyak hal yang bisa membuat anda bahagia, bahkan mungkin bisa lebih membahagiakan dibandingkan saat anda bersamanya dulu. Meski sulit dijalani, anda perlu ingat bahwa patah hati adalah proses hidup.

Cobalah untuk mengikhlaskan apa yang telah terjadi dan maafkan kesalahannya dan kesalahan anda. Berdamai dengan masa lalu memang tidak mudah, tetapi belajar untuk menerima keadaan dan saling memaafkan bisa menjadi kekuatan untuk bangkit.

Jangan lupa merawat diri

Setelah patah hati, anda mungkin malas untuk menjalani hidup dan aktivitas sehari-hari. Bahkan sampai malas makan dan bertambah kurus. Pada dasarnya patah hati bukan menjadi alasan boleh menelantarkan anda. Sedih bersedihm tapi jangan lupa untuk tetap menjaga diri dan kesehatan.

Berkencan saat anda sudah siap

Jangan terlalu lama menutup hati. Jika terlalu lama menutup hati, artinya anda membiarkan diri untuk terus larut dalam masa lalu. Mulailah move on dan buka hati untuk kehadiran orang baru. Jalani dengan santai dan jangan terburu-buru menjadikannya sebagai pasangan jika anda memang belum siap untuk menjalin hubungan baru. Jadikan pengalaman sebelumnya sebagai pelajaran agar anda lebih siap untuk menjalani hubungan yang lebih baik.

Populer video

Berita lainnya