Mengenal Lebih Dekat dengan Istilah “Catfish” dalam Media Sosial

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
by canvapro

Mungkin kamu pernah dengar istilah “catfish” di media sosial, tapi sebenernya apa sih maksudnya?

“Catfish” itu sebenernya adalah istilah yang dipake untuk ngejelasin orang yang memalsukan identitas atau gambar mereka di media sosial. Maksudnya, mereka bikin akun palsu dengan foto-foto atau informasi palsu buat menipu orang lain.

Contohnya, kamu bisa aja ketemu seseorang di media sosial yang keliatannya keren banget, tapi ternyata pas ketemu langsung, orangnya jauh dari ekspektasi kamu. Itu biasanya disebut sebagai “catfish” karena orang itu memalsukan identitasnya buat keliatan lebih menarik atau mengelabui orang lain.

Ada banyak alasan kenapa orang memutuskan buat jadi “catfish”. Salah satunya adalah buat mendapatkan perhatian atau pujian dari orang lain. Mereka mungkin nggak pede sama penampilan atau kepribadian mereka sendiri, jadi mereka memilih buat memalsukan diri mereka supaya bisa diterima atau diakui di dunia maya.

Namun, ada juga “catfish” yang punya niat jahat, kayak buat mencuri informasi pribadi orang lain atau buat menjebak orang lain dalam hubungan yang nggak sehat. Makanya, penting banget buat hati-hati dan waspada ketika kamu ketemu orang baru di media sosial, apalagi kalo kamu merasa ada yang nggak beres atau nggak masuk akal.

Intinya, “catfish” itu adalah orang yang memalsukan identitas atau gambar mereka di media sosial buat menipu atau mengelabui orang lain. Walaupun ada beberapa alasan kenapa orang memutuskan buat jadi “catfish”, tapi yang terpenting adalah buat tetep waspada dan hati-hati ketika kamu ketemu orang baru di dunia maya. Jangan sampe kamu jadi korban dari kebohongan atau penipuan yang dilakukan oleh “catfish”!

Populer video

Berita lainnya