Cerminkan Kondisi Kesehatan, Kenali Arti Warna Lidah Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Lidah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin tanpa anda sadari, tubuh dapat memberikan sinyal atau tanda jika sedang mengalami masalah. Misalnya warna lidah, yang bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Itu sebabnya dokter kerap meminta pasien menjulurkan lidah ketika melakukan pemeriksaan.

Lidah bisa mengalami perubahan warna akibat kondisi tertentu. Sementara lidah yang sehat memiliki ciri berwarna merah muda, dengan bintik-bintik kecil bernama papila di permukaannya. Dilansir dari laman halodoc, berrikut ini arti perubahan warna lidah yang penting untuk diketahui.

Lidah berwarna putih

Secara umum lidah yang berwarna putih terjadi akibat kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Namun, pada bayi, perubahan warna lidah menjadi putih biasanya disebabkan oleh sisa-sisa susu yang menempel.

Waspada juga jika lidah menjadi putih atau dipenuhi bintik-bintik putih tebal. Kondisi ini bisa jadi tanda adanya infeksi jamur di mulut. Sementara itu, adanya bercak putih di lidah dan rongga mulut umumnya terjadi akibat leukoplakia atau perkembangan sel berlebih akibat iritasi. Kondisi ini sering dialami perokok dan bisa jadi tanda awal kanker.

Lidah berwarna abu-abu

Lidah berwarna abu-abu sering dikaitkan dengan masalah pada organ hati dan usus. Itu sebabnya jika lidah berubah warnanya menjadi keabuan, bisa jadi ada masalah pencernaan yang dialami.

Lidah yang berwarna merah

Jika warna lidah berubah menjadi merah, kemungkinan itu tanda kamu kekurangan vitamin B9 (asam folat) dan B12. Pada beberapa kasus, lidah yang berubah kemerahan dan bergelombang bisa juga menjadi tanda demam scarlet.

Pada anak-anak di bawah 5 tahun, lidah yang berwarna merah, seperti stroberi bisa jadi tanda penyakit Kawasaki. Selain itu, geographic tongue yang ditandai munculnya bercak merah dan batas putih di sepanjang permukaan lidah juga bisa jadi alasan kondisi ini.

Lidah berwarna kuning

Jika kamu seorang perokok atau pengguna tembakau kunyah, warna lidah kuning bisa jadi sering kamu alami. Secara bertahap, lidah kemudian bisa berubah menjadi kecoklatan atau hitam di bagian ujungnya. Pada beberapa kasus, penyebab dari perubahan ini juga bisa terjadi akibat penyakit kuning dan psoriasis.

Lidah yang berwarna coklat

Umumnya perubahan warna lidah menjadi coklat disebabkan oleh apa yang kamu makan atau minum. Misalnya, kebiasaan minum kopi atau merokok. Kamu perlu waspada jika warna coklat pada lidah tak kunjung hilang. Bisa jadi itu indikasi masalah paru-paru akibat kebiasaan merokok.

Lidah yang berwarna biru atau ungu

Lidah yang berubah jadi berwarna biru atau ungu bisa menjadi tanda adanya masalah jantung. Hal ini biasanya terjadi ketika jantung tidak lagi memompa darah dengan baik atau ketika darah kekurangan oksigen. Selain itu, lidah yang berwarna biru juga bisa terjadi akibat masalah paru-paru atau penyakit ginjal.

Lidah berwarna hitam dan berbulu

Perubahan warna lidah menjadi hitam dan terlihat berbulu sebenarnya jarang terjadi, tetapi perlu diwaspadai. Penyebab dari kondisi ini adalah penumpukan bakteri, sehingga membuat lidah terlihat jadi lebih gelap. Selain pada orang yang kurang menjaga kebersihan mulut, lidah yang warnanya berubah menjadi hitam juga bisa terjadi pada pengidap diabetes atau orang yang menjalani prosedur kemoterapi.

Populer video

Berita lainnya