Tips Cepat Menumbuhkan Jenggot Agar Terlihat Lebih Maskulin

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Cepat Menumbuhkan Jenggot
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi sebagian pria, memiliki jenggot bisa menambah kesan maskulin. Jenggot pada umumnya tumbuh setelah pria melewati masa pubertas, yakni kisaran usia 18 tahun ke atas. Tapi sayangnya, tidak semua pria bisa menumbuhkan jenggot dengan mudah.

Studi menunjukkan bahwa tumbuhnya jenggot dipengaruhi oleh hormon testosteron, lebih tepatnya DHT (dihidrotestosteron). Kadar DHT pada pria sendiri berbeda-beda. Apabila kadarnya rendah, butuh usaha ekstra untuk kemungkinan untuk memiliki jenggot.

Namun bagi anda yang kesulitan menumbuhkan jenggot tak pelu khawatir. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan jenggot.

Olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga ternyata dapat meningkatkan aliran darah yang merangsang pertumbuhan rambut pada folikel. Folikel rambut adalah area tepat tumbuhnya rambut. Adapun olahraga yang direkomendasikan adalah latihan kekuatan dan angkat beban. Anda bisa melakukan latihan ini secara rutin dengan kombinasi latihan lainnya, seperti lari, jogging, atau bersepeda.

Menjaga pola makan

Nutrisi makanan memengaruhi kadar testosteron. Bahkan, porsi makanan juga berpengaruh pada jumlah testosteron. Jika anda ingin menumbuhkan jenggot, cara lain yang bisa anda lakukan adalah menerapkan pola makan yang sehat.

Beberapa makanan berikut dapat membantu kadar testosteron lebih stabil:

  • Makanan yang mengandung protein tanpa lemak, seperti ayam dan ikan salmon
  • Makanan tinggi zat besi, seperti hati ayam atau sapi
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan
  • Makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat
  • Makanan yang mengandung zink, seperti buncis, tiram, dan jamur
  • Buah dan sayur yang kaya vitamin A, B, C, D, dan E.
  • Selain pilihan makanan, perhatikan juga porsi makan. Pasalnya, memiliki berat badan berlebihan atau obesitas bisa mengurangi produksi testosteron yang penting untuk pertumbuhan jenggot.

Tidur cukup

Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh, dan menjadi salah satu cara menumbuhkan jenggot, karena Testosteron dilepaskan ketika sedang tidur. Jika anda kurang tidur atau kualitas tidur buruk, produksi testosteron menjadi terganggu.

Oleh karena itu, perbaiki kembali jam tidur anda. Cobalah untuk menghindari berbagai hal bisa mengganggu tidur, seperti main ponsel saat di tempat tidur atau minum kopi di sore hari.

Konsultasi pada dokter

Bagi pria yang sulit memiliki jenggot karena testosteronnya rendah, bantuan dokter mungkin diperlukan. Terutama bagi anda yang ingin menambahkan suplemen tertentu, seperti zat besi dan iron untuk meningkatkan produksi testosteron.

Jaga kesehatan kulit dagu

Cara mempercepat menumbuhkan jenggot lainnya yakni dengan menjaga kebersihan dan kelembapan kulit dagu. Rawat rambut kecil yang mulai bermunculan di dagu. Anda bisa menggunakan minyak esensial, seperti minyak zaitun atau alpukat untuk merangsang pertumbuhan jenggot.

Ada banyak cara untuk menumbuhkan jenggot. Namun, tidak semua orang akan merasakan manfaat yang sama. Butuh kesabaran dan kedisiplinan agar jenggot yang tumbuh sesuai dengan harapan anda. Tapi yang perlu diingat, memiliki jenggot sangat perlu perawatan ekstra. Sebab, jenggot yang tidak terawat dengan baik, bisa menimbulkan rasa gatal, ketombe, berjerawat, bahkan iritasi kulit.

Populer video

Berita lainnya