Google Doodle Hari Ini Mengenang Sosok Daniel Balavoine

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Google Doodle Daniel Balavoine
Foto: Google

Celebrithink.com – Siapa yang tak mengenal mesin pencarian Google, di era teknologi ini. Ya, hampir setiap orang mengandalkannya saat berselancar di dunia maya. Tepat di tanggal 1 Juni ini, Google Doodle mengenang seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktivis Prancis Daniel Balavoine.

Dilansir dari laman Google, Daniel Balvoine adalah seorang pejuang musik pop dan hak asasi manusia yang pemberontak namun sensitif. Pada tahun 1978 silam, Balavoine merilis album Le Chanteur, sebuah refleksi emosional atas berharganya hidup yang melejitkan karirnya.

Daniel Balavoine lahir pada 5 Februari 1952, di Alençon, Prancis. Di masa remajanya, Daniel berjuang untuk tujuan sosial melalui musik pada tahun 1970. Awal karir musik Balavoine memang tidak terbilang mulus. Namun namanya melejit ketika bintang pop Swiss Patrick Juvet menampilkannya di salah satu albumnya.

Di tahun 1977, sebuah pertunjukan televisi yang menampilkan lagu hit album keduanya, Lady Marlène, memikat ikon pop Prancis Michel Berger. Dari situ Balavoine ditunjuk memerankan Johnny Rockfort dalam opera rock cyberpunk-nya Starmania. Peran itu sukses besar yang mengatur panggung untuk Balavoine untuk menjadi inovator sukses pop elektronik Prancis.

Balavoine merilis album Un Autre Monde di tahun 1980, dengan lagu-lagu unggulan seperti Je Ne Suis Pas un Héros, Mon Fils, ma Bataille dan La Vie ne M’Apprend Rien. Di tahun yang sama, Balavoine juga menyerukan politisi François Mitterrand agar berbuat lebih banyak untuk kaum muda. Sehingga Balvoine tidak hanya dikenal sebagai seorang musisi, tetapi juga aktivis bagi komunitas dan simbol untuk generasi berikutnya di Prancis.

Balavoine adalah seorang kemanusiaan yang setia. Dia berusaha meningkatkan kehidupan penduduk di desa-desa terpencil di Sahara Afrika. Terutama di Mali, di mana dia berencana mengawasi pemasangan pompa air di dekat rute balapan mobil reli Paris-Dakar 1986. Di tahun yang sama, album terakhir Balavoine, Sauver L’Amour, memenangkan salah satu penghargaan tertinggi musik Prancis, Anumerta Victoire de la Musique.

Populer video

Berita lainnya