Ini Manfaat Lari Sore untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Lari Pagi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lari merupakan aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan. Nyatanya, pemilihan waktu turut memengaruhi kualitas olahraga yang Anda lakukan. nah, sore hari adalah salah satu waktu yang tepat untuk lari atau jogging karena performa tubuh untuk beraktivitas lebih optimal. Melansir laman hellosehat, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari jogging di sore hari.

Mengendalikan kadar gula darah

Hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa olahraga sore bisa memberikan manfaat yang lebih baik untuk mengontrol gula darah dibandingkan dengan olahraga pagi. Studi ini menemukan bahwa metabolisme tubuh yang meningkat di sore hari membantu menurunkan kadar gula darah pasien diabetes tipe 2 dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan tubuh lebih sensitif terhadap insulin sehingga hormon ini dapat membantu memproses gula darah menjadi energi.

Meningkatkan performa olahraga

Suhu inti tubuh akan meningkat dengan maksimal pada sore hari. Kondisi akan memberikan efek yang serupa dengan pemanasan olahraga. Efeknya, otot-otot tubuh lebih mudah untuk berkontraksi sehingga tidak kaku saat lari. Selain itu, puncak kekuatan otot juga berada pada siang hari.

Mengurangi emosi negatif

Saat sedih dan stres, lari sore bisa membantu kurangi emosi negatif yang Anda rasakan. Sebab, puncak suhu inti tubuh tertinggi ada pada sore hari. Kenaikan temperatur ini membuat batang otak menjadi hangat. Efeknya, Anda akan merasa lebih rileks dan ketegangan pun berkurang.

Selain itu, manfaat olahraga yang satu ini juga membantu meningkatkan hormon endorfin, serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Peningkatan hormon tersebut menciptakan suasana hati yang lebih positif sehingga Anda merasa kondisi mental membaik secara menyeluruh.

Meningkatkan kualitas tidur

Saat Anda berolahraga pada sore hari, tubuh akan terasa lelah. Hal ini akan memicu rasa kantuk dan terlelap pada malam hari. Berlari saat sore hari di luar ruangan pun membantu mengembalikan jam alami tubuh yang ideal sehingga pola tidur Anda lebih teratur.

Menjaga kecerdasan otak

Jogging sore membantu memperlancar sirkulasi darah pada bagian saraf yang mengatur fungsi kecerdasan. Olahraga pun membantu mengurangi risiko demensia pada lansia. Pasalnya, aktivitas fisik juga membantu memproduksi senyawa kimia yang melindungi otak dari proses penuaan.

Berlari sore selama 30 – 60 menit juga membantu meningkatkan ukuran bagian otak yang berkaitan dengan ingatan, yakni hipokampus. Berlari juga meningkatkan volume otak bagian abu-abu yang berfungsi untuk memproses informasi di otak.

Populer video

Berita lainnya