Simak Manfaat Merendam kaki dengan Air Garam untuk Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Merendam Kaki
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Merendam kaki dengan air garam menjadi salah satu perawatan kaki yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun perlu diingat, bukan garam bumbu dapur yang biasa Anda gunakan untuk memasak , melain garam epsom.

Garam yang terbentuk dari mineral magnesium, sulfur (belerang), serta oksigen hingga menghasilkan magnesium sulfat. Nah, campuran air hangat dan garam ini ternyata memberikan banyak manfaat jika digunakan untuk merendam kaki. Melansir laman hellosehat, berikut ulasannya.

Mengangkat sel kulit mati

Kulit yang tampak kusam tidak hanya pada area wajah saja, tapi juga bisa terjadi pada kulit kaki. Kondisi ini bisa terjadi lantaran tidak tepat dalam membersihkan kaki. Semenetara setiap harinya, sel-sel kulit Anda akan mati dan berganti dengan yang baru. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sel kulit mati dapat menumpuk yang akhirnya menyebabkan kulit kaki terlihat kusam.

Campuran air hangat dan garam epsom untuk merendam kaki bersifat eksfoliasi alias dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Di samping itu, garam epsom juga membantu melembutkan kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah. Manfaatnya ini bisa dijadikan sebagai perawatan kulit kaki.

Meredakan nyeri

Banyak faktor yang menyebabkan nyeri pada kaki, salah satunya keseleo. Nah, Anda bisa mencoba lebih pengobatan seperti merendam kaki ke dalam dalam campuran garam dan air hangat, sebelum memutuskan mengonsumsi obat tertentu.

Suhu panas dari air hangat mampu mengurangi rasa sakit. Manfaat ini semakin bertambah besar dengan adanya garam epsom. Garam ini dikethui dapat mengeluarkan racun dari tubuh sehingga mampu meredakan pembengkakan dan rasa nyeri. Rasa nyeri dapat berkurang karena kandungan magnesium pada garam epsom yang sifatnya mengurangi peradangan di kulit.

Mengobati infeksi jamur

Ada beberapa jamur tertentu yang hidup di permukaan kulit. Kondisi kulit kaki yang sering lembap bisa memicu pertumbuhan jamur jadi lebih aktif. Akibatnya, jumlahnya lebih banyak dari seharusnya dan menginfeksi kulit kaki. Salah satu contoh infeksi jamur kulit pada kaki yang umum menyerang adalah kutu air.

Nah, serendam kaki di dalam air hangat yang dicampur garam epsom juga bisa memberikan manfaat untuk mengobati infeksi jamur kulit. Selain itu, cara ini juga bisa membantu meredakan gejalanya, seperti pembengkakan, rasa nyeri, dan gatal.

Populer video

Berita lainnya