Tips Menjaga Stamina di Tengah Aktivitas yang Padat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jaga Stamina di Tengah Padat Aktivitas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki aktivitas padat menuntut anda untuk menjaga stamina. Jika tidak, tubuh akan mudah lelah sehingga produktivitas menjadi menurun. Buruknya lagi, jika padatnya aktivitas tidak dibarengi dengan stamina tinggi, beresiko tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Bagi anda yang memiliki aktivitas padat tak perlu khawatir. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini tips yang perlu anda lakukan guna menjaga stamina, sehingga segala aktivitas bisa sepenuhnya terlaksana.

Menjaga pola makan sehat

Terkadang orang bisa lupa makan ketika menjalani aktivitas yang padat. Meskipun makan, yang dikonsumsi pun relatif tidak sehat seperti junk food. Nah, pola makan seperti itu yang membuat tubuh anda cepat drop. Walhasil, aktivitas yang seharusnya anda jalani pun menjadi terganggu.

Jika anda ingin memiliki stamina yang bugar agar semua aktivitas bisa terlaksana, sebaiknya hindari perilaku tersebut. Sempatkan diri anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

Olahraga

Menjalani aktivitas yang padat tak boleh menjadikan anda malas berolahraga. Seperti halnya menjaga pola makan, berolahraga juga penting untuk menjaga stamina tubuh. Selain itu, rutin berolahraga juga bisa menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit metabolik.

Setidaknya, usahakan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Jika tidak ada waktu untuk berolahraga di luar rumah, pelajarilah gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari di tempat kerja.

Tidur yang cukup

Saking padatnya aktivitas, tak sedikit orang yang mengorbankan waktu tidurnya. Alih-alih pekerjaan cepat selesai, perilaku tersebut justru menyebabkan stamina dan konsentrasi menurun, yang justru mengganggu produktivitas anda.

Pada saat tidur, tubuh melakukan proses regenerasi. Itulah sebebanya jika waktu tidur anda kurang, proses tersebut tidak berlangsung secara optimal sehingga fungsi organ tubuh juga tidak akan maksimal. Akibatnya, anda tidak akan memiliki cukup stamina untuk menjalani aktivitas yang padat.

Maka dari itu, sepadat apa pun aktivitas, berusahalah agar bisa tidur selama 6–8 jam setiap hari. Agar kualitas tidur benar-benar optimal, atur suasana kamar agar jauh dari cahaya (gelap) dan terasa sejuk.

Populer video

Berita lainnya