Mengulas Manfaat Masker Cokelat untuk Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Masker Cokelat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain sering dijadikan camilan ataupun minuman, cokelat ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan wajah. Ya, cokelat kerap dijadikan masker wajah alami, karena khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang cukup melimpah.

Cokelat kaya akan zat dan senyawa seperti katekin, polifenol, flavanol, serta mineral (magnesium, zinc, tembaga, kalium, fosforus, selenium, mangan, zat besi, dan kalsium). Semua zat tersebut merupakan sumber antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Melansir laman sehatQ, berikut ulasannya.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Menurut sebuah studi, kandungan flavanol dalam cokelat, terutama cokelat hitam (dark chocolate), mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Seperti diketahui, paparan sinar matahari secara berlebihan atau terlalu berpotensi mempercepat munculnya tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus di wajah.

Dengan penggunaan masker cokelat secara rutin dapat mencegah dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan tersebut.

Meningkatkan hidrasi kulit

Selain melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, manfaat masker cokelat juga dipercaya dapat meningkatkan hidrasi kulit. Khasiat ini berkat kandungan kandungan flavonol dalam cokelat hitam diyakini mampu meningkatkan hidrasi kulit sekaligus meningkatkan aliran darah pada kulit. Selain itu, kandungan flavonol juga dipercaya bisa meratakan warna kulit.

Memperlambat tanda penuaan

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam cokelat adalah flavonoid, dapat mengurangi risiko peradangan pada kulit. Itu sebabnya, cokelat bisa digunakan sebagai masker alami perawatan antiaging. Dengan demikian, munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus dapat diperlambat atau disamarkan.

Mengatasi alergi

Manfaat masker cokelat lainnya adalah mengatasi gejala dermatitis atopik. Sebuah studi menemukan fakta menarik bahwa, polifenol yang ditemukan pada ekstrak kakao mampu mengurangi peradangan dan menyembuhkan gejala alergi lain yang terkait dengan masalah kulit.

Populer video

Berita lainnya