Ini Manfaat Tempe bagi Anda yang Sedang Diet

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Tempe
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tempe cocok menjadi pilihan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain memiliki protein yang sehat dan mengenyangkan, tempe juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Terlebih lagi, kedelai yang menjadi bahan utama tempe merupakan sumber isoflavon, zat tumbuhan yang memiliki aktivitas antioksidan.

Tempe mudah diolah menjadi berbagai menu sehat yang lezat namun tidak membuat angka di timbangan naik. Nah, melansir dari laman sehatQ, berikut ini manfaat mengonsumsi tempe bagi Anda yang sedang menjalani proses diet.

Mengontrol nafsu makan

Nafsu makan berlebihan merupakan salah satu faktor umum seseorang mengalami obesitas atau kesulitan mengurangi berat badan. Sementara salah satu manfaat tempe adalah untuk mengontrol nafsu makan. Kandungan protein pada tempe dianggap sama efektifnya dalam membantu mengontrol berat badan dibandingkan dengan protein hewani.

Selain protein, tempe juga mengandung serat dan lemak sehat yang tidak hanya bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang tetapi juga mempertahankan kenyang lebih lama. Ini terjadi karena kandungan-kandungan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Membakar lebih banyak kalori

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya protein dapat meningkatkan termogenesis atau produksi panas di dalam tubuh. Ini membuat tubuh mengalami peningkatan metabolisme dan dengan demikian membakar lebih banyak kalori setelah makan.

Mudah divariasikan

Beberapa menu diet bisa jadi menyehatkan tetapi membosankan karena sulit divariasikan. Hal ini tidak berlaku bagi tempe untuk diet yang bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bahan dan bumbu makanan. Variasi olahan dan rasa di dalam menu diet dapat menurunkan kemungkinan Anda merasa jenuh dan akhirnya gagal diet.

Populer video

Berita lainnya