Anda Penderita Maag? Hindari Mengonsumsi Jenis Buah Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penderita Maag
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Buah-buahan memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Meski begitu, tak semua buah bisa dikonsumsi terutama bagi para penderita maag lantaran dapat memicu kambuhnya gangguan lambung.

Sakit maag sendiri ditandai dengan adanya kenaikan asam lambung. Kondisi ini yang kemudian memicu berbagai keluhan seperti rasa perih di dada, mual hingga muntah, kembung, atau cepat kenyang. Kenaikan asam lambung ini bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi.

Bagi para penderita maag, produksi asam lambung relatif meningkat. Sehingga dapat mengiritasi atau melukai dinding lambung. Oleh sebab itu, penderita mag dianjurkan menghindari makanan yang memicu produksi asam lambung berlebih, termasuk buah-buahan dengan pH rendah dengan pH 4,6 atau lebih rendah dari itu.

Dilansir dari laman klikdokter, penderita maag dianjurkan menghindari mengonsumsi buah dengan tingkat keasaman yang tinggi kaya akan kandungan asam sitratnya. Buah yang termasuk ke dalam golongan ini dibagi menjadi dua kelompok:

Buah yang rasanya asam atau berasal dari golongan sitrus

Yang termasuk di sini yaitu nanas, plum, blackberry, raspberry, jeruk, jeruk nipis, stroberi, persik, delima, dan buah asam (tamarind). Buah pada golongan ini sebaiknya betul-betul dihindari oleh penderita mag karena kandungan asamnya dapat memperburuk keluhan.

Buah semi-asam

Contohnya seperti kesemek, apel hijau, markisa, jambu merah, anggur, jeruk mandarin dan kismis. Kandungan asam sitrat pada kelompok ini lebih rendah daripada kelompok pertama dan karenanya lebih bisa ditoleransi oleh penderita maag. Namun, bila keluhan maag tetap timbul atau memburuk, sebaiknya juga dihindari.

Sebaliknya, penderita maag dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang bersifat alkali atau basa. Buah-buah dalam golongan ini umumnya memiliki rasa yang manis bila sudah matang. Beberapa contoh yang mudah didapat yakni pepaya, pisang, apel, pir, buah naga, mangga, melon, semangka, alpukat, blewah dan kiwi.

Selain dengan memperhatikan jenis buah yang dikonsumsi, keluhan maag dapat dikelola dengan menerapkan pola makan berikut:

  • Makan dalam porsi sedikit tapi sering. Penderita mag dianjurkan untuk makan 4-5 kali sehari atau selang 3-4 jam sekali. Tak perlu menunggu rasa lapar, yang penting lambung selalu terisi agar asam lambung tidak mengiritasi atau melukai dinding lambung.
  • Batasi atau hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, berminyak, berlemak serta minuman yang mengandung kafein, bersoda, atau beralkohol.
  • Upayakan waktu makan terakhir 2 jam sebelum tidur malam
  • Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 Liter atau 8 gelas per hari
  • Agar keluhan mag dapat dikendalikan secara optimal, Anda pun perlu menerapkan gaya hidup sehat dengan berhenti merokok, mengelola stres, rutin berolahraga, dan memiliki pola dan kualitas tidur yang baik.

Populer video

Berita lainnya