Tips Mengatasi Rambut Susah Diatur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rambut Susah Diatur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Umumnya rambut kering, kaku dan susah diatur merupakan efek kerusakan. Rambut yang rusak biasanya disebabkan hair dryer, meluruskan rambut dengan catokan, salah sampo, salah sisir, dan salah perawatan rambut.

Selain itu, paparan suhu panas tinggi terus-menerus akan menghilangkan kelembapan pada lapisan kulit kepala rambut. Sehingga rambut jadi kering, kusut, dan kasar. Lantas, adakah cara “menjinakkan” rambut susah diatur? Dilansir dari laman helloSEHAT, simak beberapa tips berikut ini.

Potong rambut dengan model yang tepat

Menurut penata rambut Stephen Thevenot, rambut tidak akan lagi susah diatur setelah dipotong dengan gaya yang benar. Mintalah kepada penata rambut untuk memotong ujung atau bagian rambut yang bercabang atau yang kering.

Setelah itu, konsultasikanlah model potongan rambut yang ujungnya tumpul, seperti rambut bob atau potong rata. Hindari potongan rambut shaggy, layer, atau lancip di bawah. Model shaggy atau yang berlapis-lapis bisa mengubah lapisan dan tekstur rambut. Alhasil rambut jadi lemah dan tipis, membuat rambut rentan menjadi keriting.

Keramas pakai air dingin

Mandi air hangat memang terasa nyaman dan bikin rileks. Namun jika anda keramas memakai air hangat, justru bisa menghilangkan kelembapan pada kulit kepala rambut. Ini bisa membuat helai rambut menjadi kering dan mengembang.

Usahakan untuk selalu mandi dengan air dingin termasuk saat keramas. Air dingin menutup lapisan pelindung rambut yang bisa meningkatkan kilau dan menjaga kelembapan kulit kepala agar tetap utuh.

Memakai kondisioner dan sampo khusus

Pakailah sampo dengan bahan bebas sulfat, untuk rambut keriting dan susah diatur. Selain itu, pilih sampo dengan bahan yang bisa melembapkan kulit kepala seperti shea butter, minyak kelapa, alpukat, atau minyak macadamia.

Cara lain untuk mengatasi rambut kering dan kasar yakni dengan memakai kondisioner. Pakailah jenis kondisioner rambut yang dibilas sehabis pakai sampo. Sesekali anda juga bisa melembapkan rambut memakai leave-on conditioner yang tidak perlu dibilas saat beraktivitas saat cuaca panas terik untuk menjaga rambut tetap halus. Pilihlah kondisioner yang juga bebas sulfat.

Mengeringkan rambut dengan baik

Mengeringkan rambut pakai hair dryer memang efisien. Namun untuk rambut kering dan susah diatur, keringkanlah secara alami dengan diangin-anginkan atau menggunakan kipas angin. Ini bisa mengatasi rambut tidak makin kering dan susah diatur.

Perhatikan juga handuk yang anda pakai. Umumnya handuk yang tersedia di toko terbuat dari bahan kasar yang ditujukan menyerap air dari kulit tubuh. Apabila handuk biasa digosok-gosokan ke rambut, justru membuat lapisan rambut menjadi kasar karena seratnya menghilangkan kutikula (lapisan pelindung) pada batang rambut. Pilihlah handuk berbahan katun yang lembut untuk mencegah dan mengatasi masalah rambut kering, kasar, serta susah diatur.

Populer video

Berita lainnya