Konflik dalam Hubungan, Simak Tips Ini Agar Tidak Jadi Putus Sama Pacar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Konflik dalam sebuah hubungan menjadi hal yang wajar terjadi. Terpenting adalah, bagaimana menyelesaikan masalah itu dengan baik. Namun, ada kalanya konflik yang terjadi memicu perdebatan dan pertengkaran besar. Bahkan, bisa saja akhir dari konflik tersebut membuat pasangan ingin mengakhiri hubungan dengan Anda.

Ketika pasangan ingin mengakhiri hubungan, tentu saja Anda sulit menerimanya. Mungkin Anda merasa seharusnya hubungan ini tidak berakhir dan ada cara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Jika ini terjadi, tidak ada salahnya Anda mencoba mempertahankan hubungan. Melansir laman sehatQ, simak tips agar Anda dan pasangan tidak jadi putus berikut ini.

Tahan amarah

Anda bisa menahan amarah. untuk menyelematkan sebuah hubungan dari konflik yang terjadi. Pasalnya, amarah dapat memperparah situasi dan membuat Anda mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang.

Hindari saling menyalahkan

Menyalahkan pasangan juga tidak akan menyelesaikan masalah. Hubungan percintaan dilakukan oleh dua orang. Jadi, keduanya memiliki tanggung jawab yang sama. Cobalah mengakui kesalahan untuk mencegah berakhirnya hubungan Anda dan pasangan.

Minta maaf

Setelah mengakui kesalahan, lanjutkan dengan meminta maaf. Mintalah maaf atas segala kesalahan yang sudah Anda lakukan. Setelah itu, jangan ungkit kesalahan yang dilakukan oleh pasangan. Biarlah dia yang mengakuinya sendiri.

Cari tahu penyebab hubungan meregang

Hal terpenting adalah mencari penyebab hubungan Anda berada di ujung tanduk. Kebanyakan hubungan yang renggang terjadi karena minimnya waktu untuk bersama. Bisa juga karena Anda dan pasangan kurang terbuka dalam banyak hal. Saat sudah tahu penyebabnya, Anda pun bisa memperbaikinya.

Dengarkan keluh kesah pasangan

Ada kalanya pasangan hanya ingin didengar tentang apa yang dirasakannya. Nah, berikan waktu Anda untuk ada di sampingnya dalam beberapa waktu. Mungkin dia tidak butuh tanggapan, tapi setidaknya Anda ada untuk mendengarkannya. Anda juga bisa meminta pasangan untuk mendengarkan keluh kesah yang Anda rasakan.

Hindari membuat konten buruk di media sosial

Banyak orang yang akhirnya menjadikan media sosial sebagai tempat pelampiasan. Hal ini sebenarnya hak Anda, asalkan tetap dilakukan dengan halus, baik, dan sopan. Karena media sosial akan dilihat banyak orang, tetaplah buat persepsi baik tentang Anda dan pasangan.

Berikan sedikit waktu

Mencegah hubungan yang berantakan pun harus dilakukan dengan cara yang baik. Jadi, tahan dulu untuk mencoba menyelesaikan masalah saat Anda sedang marah. Berikan waktu sejenak untuk menenangkan diri sebelum Anda membicarakan hal ini ke pasangan.

Mulai berkomitmen

Cekcok atau salah paham dengan pasangan merupakan tanda hubungan Anda sedang dalam proses naik kelas. Karena itu, Anda perlu mematok target berbeda dengan pasangan. Bukan berarti harus langsung ke arah pernikahan, ya. Mungkin mencoba untuk menjalankan wishlist kecil dulu, seperti mengenalkan pasangan ke orang tua.

Diskusikan apa yang akan terjadi setelahnya

Baik putus atau terus, semua keputusan akan berimbas dalam hidup Anda. Cobalah diskusikan baik dan buruk yang akan terjadi setelah keputusan yang diambil ini. Lalu, buat jawaban dari hal baik yang paling banyak muncul.

Hormati keputusan pasangan

Hal pasti yang harus Anda lakukan adalah menghormati pasangan. Mungkin ada benarnya hubungan Anda tidak bisa dilanjutkan lagi atas banyak faktor. Toh, Anda tetap bisa menjalin komunikasi baik setelahnya.

Populer video

Berita lainnya