Ubah dari Sekarang Kebiasaan Mengigit Kuku, Ini Bahayanya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan memgigiti kukunya sendiri. Mungkin anda termasuk salah satunya? Ya, kebiasaan ini kadang sulit untuk dihentikan. Namun yang perlu diingat, ternyata kebiasaan mengigiti kuku memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan.

Dalam istiliah medis, kebiasaan mengigiti kuku disebut onychophagia. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini dampak buruk kebiasaan mengigiti kuku bagi kesehatan anda.

Infeksi

Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila anda sering menggigiti kuku. Pada saat kuku tercabut, kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Infeksi yang paling sering terjadi pada daerah tersebut adalah paronikia. Yakni infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Kutil periungual

Kutil periungual biasanya terjadi pada orang yang suka menggigit kuku. Mungkin awalnya tidak menimbulkan rasa sakit karena ukurannya yang kecil. Namun, seiring pertumbuhan kutil yang membesar dan menyebar, rasa sakit akan semakin terasa.

Kondisi ini biasanya disebabkan HPV (human papillomavirus) yang bisa masuk melalui goresan atau luka. Oleh karenanya, kutil periungual dapat terjadi pada anda yang sering menggigiti kuku.

Herpetic whitlow

Bahaya lain dari sering menggigit kuku yakni terkena herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2. Virus ini masuk melalui kulit jari yang terbuka. Biasanya terjadi jika anda sedang menderita herpes oral.

Gejala yang sering muncul dari kondisi ini yakni demam dan kebas pada jari terkena infeksi. Jika anda mengalami tanda-tanda tersebut karena sering menggigiti kuku, segera periksakan ke dokter untuk perawatan lebih lanjutan.

Masalah pada gigi

Bukan hanya merusak kuku tangan, kebiasaan mengigiti kuku juga membahayakan kesehatan gigi dan mulut anda. Sebab, lantaran kebiasaan itu posisi gigi anda bisa bergeser dari tempatnya dan juga menyebabkan gigi atau email gigi pecah. Tidak hanya itu, gusi anda juga beresiko terkena infeksi dan mengalami pembengkakan.

Peradangan pada kuku

Bahaya menggigiti kuku paling umum adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku. Hal tersebut disebabkan oleh air liur yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah, dan merusak kulit di sekitar kuku Anda.

Pertumbuhan kuku tidak normal

Selain berefek buruk pada kesehatan, kebiasaan menggigit kuku juga membuat kuku anda tumbuh ke dalam atau biasa disebut sebagai kondisi cantengan. Sebab, lapisan generatif pada kuku yang disebut dengan ‘matriks’, merupakan sebuah tempat yang menjadi fondasi ketika kuku anda tumbuh.

Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan tersebut dapat rusak dan menyebabkan pertumbuhan kuku menjadi ke dalam atau terjangkit kelainan kuku yang lain.

Sakit perut

Kebiasaan menggigiti kuku juga dapat membahayakan perut. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri di tangan yang bersarang di balik kuku sehingga membuat anda sakit perut. Bukan tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan saat anda menggigit kuku. Walhasil, anda bisa mebderita flu, hingga gangguan virus pada perut yang cukup serius.

Populer video

Berita lainnya