Miliki Rambut Sehat Berkilau dengan Keramas Tanpa Sampo

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Keramas Tanpa Sampo
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Keramas menggunakan sampo menjadi salah satu perawatan rambut yang lazim dilakukan banyak orang. Hal itu dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala, akibat keringat dan debu. Namun bagaimana jika keramas tanpa sampo?

Ya, keramas dengan menggunakan bahan alami bisa menjadi cara lain untuk memiliki rambut sehat berkilau. Sebab, kandungan kimia dan alkohol dalam produk sampo bisa membuat kulit kepala gatal dan kering, menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah sebabnya rambut bisa menjadi rusak karena sering keramas dengan sampo.

Tertarik untuk coba keramas tanpa sampo? Mungkin Anda memerlukan waktu untuk membiasakan diri hingga hasil akhirnya. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini daftar bahan untuk menggantikan sampo saat keramas.

Baking soda

Baking soda memiliki sifat basa. Sementara kulit kepala dan rambut bersifat asam. Itu karenanya bahan ini direkomendasikan untuk membilasnya dengan larutan asam untuk mengembalikan keseimbangan pH rambut.

Caranya, basahkan tangan dan ambil bubuk baking soda secukupnya. Gosokkan baking soda ke kulit kepala selama kurang lebih satu menit. Lalu bilas hingga bersih.

Anda juga bisa melakukan cara lainnya yakni cairkan baking soda dengan air hangat, dan gunakan larutan tersebut untuk mencuci rambut. Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya beri jarak antar sesi keramas setiap empat hari sekali.

Cuka apel

Memilikil sifat asam, cuka apel menjadi pasangan yang cocok digunakan sebagai alternatif conditioner setelah keramas dengan baking soda.

Caranya, cukup campurkan satu-dua sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air, atau setengah cangkir cuka dan setengah cangkir air, sesuai dengan kebutuhan rambut..

Aplikasikan larutan cuka di sepanjang rambut dan di seluruh kulit kepala. Gosok dan diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga benar-benar bersih.

Jus lemon

Asam sitrus yang dikandung buah lemon bisa membantu menyingkirkan ketombe. Jika rambut anda lurus atau rentan masalah ketombe, gunakan larutan jus lemon (setengah cangkir jus lemon, setengah cangkir air hangat) sebagai pengganti sampo.

Caranya, gosokkan ke seluruh rambut dan kulit kepala selama 10 menit, sisir dengan jari dan kemudian bilas hingga bersih.

Populer video

Berita lainnya