5 Cara Atasi Rambut Lepek Berminyak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Atasi Rambut Lepek Berminyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki rambut Berminyak atau lepek memang sangat mengganggu penampilan. Bahkan jika terus dibiarkan, bisa menyebabkan ketombe, menimbulkan bau tidak sedap, hingga jerawat di kulit kepala, dahi, dan leher.

Bagi anda yang mengalami kondisi ini tentu ingin segera membereskannya, bukan? Dilansir dari laman helloSEHAT, ini yang harus dilakukan untuk mengatasi rambut lepek.

Pilih sampo dan keramas dengan benar

Langkah pertama adalah memilih produk sampo dan mencuci rambut dengan benar. Pilihlah sampo yang bebas kandungan minyak, seperti sampo bayi. Jangan lupa menggunakan kondisioner khusus untuk rambut dengan minyak berlebih.

Kemudian, bilas rambut minimal 30 detik. Sebab, kulit kepala berminyak terkadang bisa disebabkan oleh sampo yang tidak terbilas dengan bersih. Jangan lupa untuk menggunakan air dingin saat membilas rambut.

Hindari produk berbahan silikon

Sampo, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya tersedia dalam berbagai varian dengan kandungan yang bermacam-macam. Agar kulit kepala terbebas dari masalah, anda harus berhati-hati memilih produk perawatan untuk rambut berminyak.

Salah satu kandungan yang perlu diwaspadai adalah silikon yang berfungsi membantu melembutkan rambut dan menambah kilaunya. Namun hal ini tidak berlaku pada rambut lepek.

Silikon pada sampo dan produk perawatan rambut ternyata dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Akibatnya, rambut terlihat kotor, lepek, dan terasa berat. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari produk berbahan silikon atau senyawa yang diakhiri dengan penggalan ‘-cone’.

Pakai masker rambut berbahan alami

Perawatan rambut berminyak bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Meski belum teruji secara klinis, tidak ada salahnya untuk mencoba agar rambut tidak lepek.

Lidah buaya

Vitamin, mineral, dan enzim yang terdapat pada lidah buaya sangat membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala. Lidah buaya membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan mengontrol sekresi minyak. Gel bening yang ada di dalam lidah buaya juga membantu memberikan nutrisi pada akar rambut.

Teh hijau

Bahan alami lainnya yang membantu mengatasi rambut berminyak adalah teh hijau. Ya, ekstrak teh hijau dikenal baik dapat mengurangi produksi minyak dan menutrisi kulit. Temuan ini mungkin berhubungan dengan kandungan Epigallocatechin gallate pada teh hijau.

Cuka apel

Mengandung asam asetat, cuka apel disinyalir dapat membantu menyeimbangkan pH pada kulit kepala yang akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai tonik rambut untuk mendapatkan rambut yang sehat dan mengilap.

Hentikan kebiasaan menyentuh rambut

Tanpa disadari, mungkin anda sering menggaruk atau menyentuh rambut. Namun, tahukah bahwa kebiasaan ini justru dapat memicu rambut menjadi berminyak?

Pasalnya, semakin sering anda memegang, menyisir, dan merapikan rambut, semakin banyak pula minyak yang akan diproduksi. Akibatnya, rambut pun jadi lepek.

Coba dry shampoo untuk rambut berminyak

Bagi srbagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan dry shampoo. Sampo yang tidak perlu dibilas ini memang menjadi andalan ketika anda sedang dikejar waktu dan tak sempat keramas dengan sampo biasa.

Tidak hanya praktis, dry shampoo juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut berminyak. Meski tidak membersihkan secara menyeluruh, sampo ini membantu mengeringkan minyak dan membuat rambut tampak lebih bersih. Tapi sayangnya, dry shampoo menghasilkan sisa atau residu yang membuat rambut tampak berpasir dan terlihat kotor.

Populer video

Berita lainnya