3 Terapi Ini Mungkin Bisa Bantu Anda Berhenti Merokok

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Terapi Berhenti Merokok
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin ada dari anda yang berpikir untuk berhenti merokok. Selain karena faktor kesehatan, jumlah uang yang harus dikeluarkan hanya untuk merokok. Namun berhenti sepenuhnya memang bukan perkara mudah. Apalagi jika anda sudah termasuk pada kategori candu.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok, salah satunya dengan terapi. Mungkin cara ini akan jauh lebih efektif jika dibarengi dengan pengobatan yang lain serta niat yang kuat. Namun tak ada salahnya untuk dicoba. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini terapi yang mungkin bisa membantu anda berhenti merokok.

Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah terapi yang menggunakan metode hipnosis untuk merawat suatu kondisi atau mengubah suatu kebiasaan. Pada tahapan hipnoterapi, pasien diberikan sugesti-sugesti (hipnosis) untuk mengubah alam bawah sadarnya. Itu sebabnya, tingkat keberhasilan hipnosis ini tergantung pada motivasi si pasien.

Jika pasien berniat kuat untuk berhenti merokok dan bersedia diberikan hipnosis, tingkat keberhasilan pun tinggi. Sebaliknya, jika pasien merasa ragu, kemungkinan hipnosis tersebut akan gagal.

Hipnoterapi akan menenangkan pikiran anda dengan bantuan terapis yang masuk ke alam bawah sadar untuk menemukan pemicu merokok Anda. Pemicu tersebut yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Gaya hidup Anda (dalam kasus ini merokok) akan diubah dengan cara mengganti konsep baru di alam bawah sadar.

Akupuntur

Cara lainnya dengan terapi akupuntur. Akupuntur adalah pengobatan tradisional Cina. Terapi ini dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil ke beberapa bagian tubuh untuk menstimulasi sesuatu di dalam tubuh Anda.

Pada kasus ini, perokok akan distimulasi dengan cara mengurangi gejala yang memicu anda ingin merokok. Namun penelitian di jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews menyebutkan belum ada bukti bahwa akupuntur berhubungan langsung dengan peningkatan seseorang berhasil bebas dari bahaya rokok.

Setidaknya, mencoba terapi ini lebih baik daripada tidak sama sekali. Oleh karena itu, agar lebih efektif, peneliti menyarankan akupuntur harus dibarengi dengan edukasi.

Meditasi

Terapi lainnya yang mungkin dapat membantu Anda berhenti merokok adalah meditas. Terapi ini mungkin terasa membosankan, tetapi memiliki segudang manfaat. Tubuh dan pikiran anda akan diajak untuk tenang serta fokus pada keadaan saat itu saja.

Meditasi dinilai mampu melepaskan dopamin di otak, sama halnya dengan nikotin yang memberi efek menenangkan. Manfaat yang didapat dari terapi meditasi untuk berhenti adalah berkurangnya stres. Dengan begitu, Anda diharapkan tidak perlu merokok lagi untuk mengurangi stres.

Populer video

Berita lainnya