Simak Cara Hilangkan Kantuk di Pagi Hari agar Siap Beraktivitas

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengantuk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak manfaat yang didapat dengan kebiasaan bangun pagi. Selain menjaga mood dan membuat tubuh lebih segar, Anda jadi punya banyak waktu untuk mengecek to-do-list harian atau menikmati sarapan, sebelum memulai aktivitas.

Tapi tak dipungkiri, tidur cukup dan bangun tepat waktu sering masih menyisakan kantuk pada pagi hari. Hal tersebut tentu akan menghambat Anda untuk lebih siap melakukan aktivitas harian lebih awal. Jika sudah begini, Anda harus mencari cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang ampuh untuk melawan semua itu. Melansir laman sehatQ, simak tips berikut ini;

Minum segelas air putih

Saat tidur, tubuh juga akan kehilangan cairan yang membuat Anda merasa lemas ketika bangun. Maka itu, Anda perlu mengganti cairan tersebut dengan segera. Salah satu caranya dengan mengonsumsi satu atau dua gelas air putih setelah bangun tidur.

Coba menggerakkan badan

Membiarkan badan terlalu lama di atas kasur berpotensi membuat Anda kembali tidur. Lebih baik lagi jika Anda bangun dan segera pergi ke kamar kecil untuk cuci muka. Setelah itu, cobalah melakukan aktivitas fisik sehingga tubuh Anda bergerak.

Mandi air dingin

Manfaat mandi air dingin pada pagi hari ada banyak. Anda akan jauh lebih segar setelah mandi sehingga mencegah ngantuk. Mandi air dingin pada pagi hari juga bisa menurunkan risiko penyakit flu.

Sarapan yang bergizi

Sarapan juga bisa menjadi cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Namun pastikan memilih sarapan dengan nutrisi seimbang.
Makanan-makanan tersebut akan membantu nutrisi tubuh untuk lebih segar.

Menyapa matahari

Cahaya matahari bisa bantu meningkatkan serotonin supaya Anda tetap terjaga. Oleh karena itu, jika masih merasa mengantuk, cobalah untuk ke luar ruangan dan berjalan-jalanlah sebentar. Dengan begitu, Anda pun bisa tetap dapat pencahayaan alami dari matahari.

Kurangi kopi

Segelas kopi sudah lebih dari cukup saat Anda sangat mengantuk. Sebuah studi melaporkan bahwa kafein yang terlalu banyak malah membuat Anda lebih lelah. Studi tersebut juga menyebutkan bahwa mengurangi asupan kafein pada pagi hari malah memberikan kesegaran pada tubuh.

Hindari asupan gula berlebih

Gula menjadi sumber energi di pagi hari. Namun jika mengonsumsinya secara berlebihan justru membahayakan juga. Selain berbahaya untuk kesehatan, asupan gula berlebih akan membuat kadar gula darah meningkat drastis dan turun secara cepat. Hal ini yang membuat Anda merasa sangat lemas seketika.

Kelola stres dengan baik

Stres harus dikelola dengan baik supaya tidak berimbas pada aktivitas sehari-hari. Pasalnya, stres juga bisa menjadi sumber kelelahan dan rasa tidak semangat setiap hari. Jika diperlukan, cobalah konsultasikan masalah stres ini kepada para psikolog untuk mendapatkan saran-saran terbaik.

Kurangi merokok

Ada banyak dampak buruk yang dihasilkan akibat merokok. Kandungan dalam rokok bisa membuat saluran pernapasan Anda terganggu. Selain itu, rokok juga membuat Anda lebih lelah di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin dalam rokok yang membuat siklus tidur Anda menjadi terganggu.

Atur kebiasaan tidur malam yang baik

Pastikan Anda memiliki waktu tidur sekitar 7—8 jam per harinya. Cobalah dapat tidur yang berkualitas sehingga Anda lebih segar esok harinya. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, tubuh mungkin butuh waktu untuk menyesuaikan.

Maka, mulailah dengan menjauhkan gadget sebelum tidur untuk mengurangi paparan sinar biru. Selain itu, bangun suasana nyaman di kamar tidur dengan mematikan lampu dan memberikan aromaterapi yang menenangkan.

Populer video

Berita lainnya