Penyebab Rambut Berminyak dan Tips Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Rambut Berminyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kulit kepala mengandung minyak alami atau sebum yang diproduksi kelenjar minyak. Terkadang, kelenjar ini bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan minyak berlebih. Walhasil, kulit kepala menjadi berminyakyang membuat rambut terlihat kusam, lepek dan susah diatur.

Dilansir dari laman Alodokter, setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan kulit kepala berminyak. Yakni:

Hormon

Hormon androgen adalah hormon yang dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit dan rambut. Untuk beberapa kasus, kadar hormon ini dapat meningkat sehingga memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Kadar hormon yang tinggi bisa terjadi pada remaja, wanita yang sedang menstruasi, dan ibu hamil.

Genetik

Rambut berminyak juga bisa dikarenakan faktor genetik atau keturunan dari orang tua. Jika anda memiliki orang tua dengan rambut berminyak, kemungkinan besar hal itu juga akan anda alami.

Kondisi medis

Beberapa jenis penyakit seperti dermatitis seboroik, juga dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut berminyak. Tak jarang penderita penyakit ini mengalami keluhan rambut berketombe, bercak kemerahan di kulit, dan kulit mengelupas yang disertai rasa gatal.

Semua orang pasti ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Apabila anda termasuk yang memiliki rambut berminyak, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Hindari mencuci rambut lebih dari satu kali setiap hari, karena justru membuat kelenjar di rambut dan kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Cuci rambut setidaknya 1 kali sehari.
  • Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak guna membersihkan kulit kepala tanpa membuat rambut menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih.
  • Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya. Tanaman ini dipercaya efektif untuk mengurangi minyak pada rambut dan kulit kepala, sehingga rambut bisa menjadi lebih sehat, kuat, lembut, dan berkilau.
  • Cuci rambut dengan larutan cuka sari apel (apple cider vinegar) dan air. Larutan ini diduga dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala.
  • Bilas rambut dengan teh hijau. Teh hijau mengandung zat tannin yang diduga dapat mengatasi kelebihan minyak sekaligus menutrisi kulit kepala.
  • Hindari penggunaan kondisioner hingga ke akar rambut karena justru bisa membuat rambut menjadi tambah berminyak. Cukup oleskan kondisioner di bagian ujung rambut, lalu bilas.
  • Hindari penggunaan produk perawatan rambut berbahan minyak.
  • Hindari terlalu lama menyisir rambut karena bisa merangsang kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak.
  • Jangan terlalu sering meluruskan rambut dengan alat catok. Suhu panas dari alat tersebut dapat memicu produksi minyak pada rambut.
  • Hindari terlalu sering menyentuh rambut, karena semakin sering rambut disentuh, semakin banyak minyak yang diproduksi.

Populer video

Berita lainnya