Jangan Dipencet! Ini Tips Mengatasi Jerawat Matang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bekas Jerawat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat matang adalah jerawat yang telah memiliki titik putih pada bagian tengahnya, alias mata jerawat. Nah, tak sedikit yang gemas ingin memencet jerawat ini agar cepat sembuh. 

Padahal memencet jerawat menimbulkan permasalahan kulit yang baru. Memencet jerawat bisa menimbulkan infeksi. Melansir laman Halodoc, berikut ini cara mengatasi jerawat yang sudah matang tanpa perlu memencetnya.

Gunakan obat jerawat

Cara pertama yang paling efektif adalah menggunakan obat jerawat. Pilih produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang bisa mengeringkan jerawat matang. 

Oleskan obat ke bagian jerawat yang sudah matang saja. Metode ini bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dalam 1 hari.

Gunakan bahan alami

Anda bisa mencoba bahan alami untuk mengempeskan jerawat matang. Misalnya tea tree oil, putih telur, soda kue atau madu agar jerawat matang kempes.

Namun sebelum mencobanya, sebaiknya lakukan tes tempel. Tujuannya memastikan Anda tidak alergi dengan bahan tersebut. Lakukan tes tempel ke bagian pergelangan tangan atau belakang telinga.

Kompres hangat

Untuk melakukan perawatan ini, rendam handuk atau kain yang bersih ke dalam air hangat. Kemudian kompres ke bagian jerawat matang selama 10-15 menit.

Ulangi perawatan ini beberapa kali sehari. Selain membantu mengempeskan jerawat, kompres hangat juga bisa mengurangi rasa sakit akibat kondisi ini. 

Jangan sentuh jerawat dan perhatikan produk perawaran kulit

Hindari menyentuh jerawat matang dengan tangan kotor. Menyentuh berlebihan bisa menyebarkan bakteri dan menyebabkan peradangan lebih lanjut.

Pilih produk perawatan kulit yang bebas minyak (non-komedogenik) untuk menghindari penumpukan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Rutin bersihkan wajah

Jaga kulit tetap bersih dengan mencuci wajah dua kali sehari, yakni saat pagi dan malam hari. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas minyak untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. 

Populer video

Berita lainnya