Begini Cara Aman Mengatasi Kecanduan Makan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Makan Banyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagian orang menjadikan makan sebagai hobi. Karenanya, tak jarang seseorang akan tetap makan meski sudah kenyang, yang justru berisiko pada kenaikan berat badan dan datangnya penyakit.

Beberapa gejala kecanduan makan seperti, seseorang tetap makan meski sudah kenyang, obsesi terus-menerus dalam mencari makanan, sangat senang ketika makan, ngemil terus-menerus, dan lainnya. Melansir laman klikdokter, berikut cara mengatasi kecanduan makanan yang bisa Anda coba.

Buat daftar makanan yang bikin Anda kecanduan

Coba ingat makanan apa saja yang Anda pesan hampir setiap hari atau membuat Anda ingin makan dalam jumlah banyak. Tidak selalu makanan besar saja. Makanan penutup, seperti kue, puding, atau permen, juga bisa membuat seseorang kecanduan makanan.

Singkirkan makanan yang bikin kecanduan dari sekitar Anda

Biasanya, seseorang yang kecanduan makanan tertentu sering menyimpan makanan tersebut di rumah, kantor, atau bahkan di dalam tasnya. Agar ngemil tidak terus berlanjut, singkirkan makanan tersebut dari sekitar dan jangkauan Anda. Ganti dengan pilihan makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan potong.

Buat jadwal makan teratur

Seseorang yang kecanduan makanan biasanya menjadikan makanan sebagai “pelampiasan” kala stres. Untuk itu, cobalah membuat jadwal makan teratur setiap harinya di pagi, siang, dan malam hari. Di saat perut Anda sudah kenyang, keinginan untuk makan lagi dan lagi akan jauh lebih berkurang.

Perbanyak minum air putih

Minum air putih bisa membantu menekan rasa lapar. Ada kalanya tubuh salah menafsirkan perasaan lapar ketika sedang haus, terutama saat di luar jadwal waktu makan. Bahkan, minum air putih dengan cara yang tepat dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Alihkan ke kegiatan lain

Di saat Anda sedang ingin makan, cobalah alihkan dengan kegiatan lain, seperti membaca buku, menonton TV, atau aktivitas apa pun yang dapat memalingkan pikiran Anda dari makanan. Dengan begitu, jika tidak sedang benar-benar merasa lapar, maka Anda dapat perlahan-lahan melupakannya.

Olahraga teratur

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mengatasi kecanduan makanan. Terlebih dengan berolahraga, tubuh menjadi lebih sehat. Bonusnya, berat badan Anda akan semakin mendekati ideal.

Tidur yang cukup

Kurang tidur membuat Anda berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. Tak hanya itu, kurang tidur juga berpotensi membuat seseorang lebih lapar di siang hari.

Populer video

Berita lainnya