Menjaga Kesehatan Mata? Anda Bisa Lakukan Ini di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Beberapa orang seringkali mengabaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan mata. Apalagi di era pesatnya perkembangan teknologi saat ini, dimana hampir setiap orang lebih banyak menatap layar gadget yang tentu membahayakan kesehatan mata. Jika dibiarkan terus, bukannya tidak mungkin lama kelamaan kemampuan penglihatan Anda menurun.

Padahal anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk merawat kesehatan mata. Bahkan hal itu bisa anda lakukan sendiri di rumah. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Konsumsi makanan bergizi

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan makan makanan sehat. Penuhi asupan anda setiap harinya dengan sumber makanan tinggi asam lemak omega-3, zink, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid.

Anda bisa memenuhi seluruh asupan gizi ini dari makanan yang sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan lain sebagainya.

Hindari asap rokok

Tahukah anda bahwa asap rokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan paru-paru dan jantung, tapi juga membawa pengaruh buruk pada mata. Ya, mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa merokok juga bisa mengakibatkan gangguan pada mata. Menurut situs Department of Health New York State, rokok sering kali dikaitkan dengan masalah-masalah kesehatan berikut:

  • Degenerasi makula: Perokok memiliki risiko 3-4 kali lebih tinggi untuk terkena degenerasi makula.
  • Katarak: Perokok berat yang merokok lebih dari 15 batang sehari memiliki risiko 3 kali lebih tinggi untuk memiliki katarak di matanya.
  • Glaukoma: Merokok sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, katarak, serta diabetes, yang mana semuanya merupakan faktor risiko glaukoma.
  • Retinopati diabetik: Merokok juga meningkatkan risiko terkena diabetes, sehingga kemungkinan terkena komplikasi diabetes seperti retinopati juga lebih besar.
  • Sindrom mata kering: Perokok aktif juga memiliki peluang lebih besar untuk mengalami sindrom mata kering.

Jika anda bukan perokok aktif, anda tetap perlu menghindari paparan asap rokok dari orang sekitar. Menjadi perokok pasif atau secondhand smoker bisa sama berbahayanya dengan perokok aktif.

Pakai kacamata hitam di luar ruangan

Saat anda keluar ruangan dimana cuaca sedang terik atau mendung sekalipun, sebaiknya gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari paparan sinar UV matahari. Kacamata yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi mampu membantu melindungi mata anda. Paparan radiasi UV berlebihan meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Oleh karena itu, pilih kacamata yang dapat menghalangi sinar UVA dan UVB hingga 99 persen.

Mengenakan kacamata saat berenang

Mungkin masih banyak yang menganggap remeh pentingnya memakai kacamata renang untuk menjaga kesehatan mata. Padahal kacamata renang berguna untuk menghindarkan anda dari risiko iritasi dan alergi karena terpapar berbagai bakteri serta zat kimia di dalam air.

Selain itu, pemakaian kacamata renang juga membantu anda melihat dan lebih awas terhadap keadaan sekitar saat di dalam air. Kacamata renang juga akan jadi penghalang benda asing supaya tidak melukai mata anda.

Hindari melihat layar gadget terlalu lama

Gadget dan alat elektronik seolah sudah menjadi kebutuhan premier di era saat ini. Sehingga mustahil rasanya untuk beraktivitas tanpa bantuan alat elektronik dan gadget. Meski begitu, pastikan anda tidak terlalu lama menggunakan gadget.

Sebab, menatap layar komputer dan gadget terlalu lama bisa mengakibatkan mata lelah, kering, dan tegang. Selain mengalami masalah pada mata, Anda juga bisa terkena beberapa gangguan lainnya seperti:

  • Pandangan kabur
  • Kesulitan memusatkan perhatian dari kejauhan
  • Sakit kepala
  • Nyeri leher, punggung, dan bahu
  • Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali. Coba untuk berjalan-jalan sejenak untuk menghindari kelelahan mata yang parah. Jika Anda pekerja yang menghabiskan waktu di depan komputer, usahakan untuk berjalan-jalan setiap 2 jam sekali selama 15 menit.

Melakukan senam mata

Senam mata dilakukan untuk membantu memelihara kesehatan otot mata. Anda bisa melakukannya di pagi hari, sebelum tidur, atau saat mata terasa lelah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk melakukan senam mata:

  • Sambil duduk santai, tutup mata Anda dan gerakkan mata ke atas sejauh yang Anda mampu. Tahan selama beberapa saat, kemudian turunkan “pandangan” ke bawah. Ulangi beberapa kali kemudian buka mata dan lihat sekitar.
  • Setelah itu, tutup mata Anda kembali. Sambil tetap menutup mata, lirik ke kanan kemudian lirik ke kiri. Ulangi beberapa kali, ganti arah.
  • Buka mata dan lihat sekitar. Kemudian, tutup lagi mata Anda. Sekarang, lirik arah diagonal dari kanan atas ke kiri bawah sambil menutup mata, kemudian ganti kiri atas ke kanan bawah. Ulangi beberapa kali. Buka mata.
  • Terakhir, pejamkan mata dengan kencang lalu berkedip beberapa kali.

Tidur yang cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan mata yang akan berpengaruh dalam meningkatkan penglihatan. Tidur dapat membantu mata anda untuk beristirahat secara total. Saat Anda kurang tidur, otomatis mata tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Kondisi ini bisa mengakibatkan melemahnya penglihatan anda secara perlahan.

Kurang tidur juga dapat mengakibatkan mata terasa gatal, kering, bahkan mata tampak memerah. Hal ini disebabkan mata tidak menghasilkan air mata yang cukup karena kurang tidur. Akibatnya, mata juga berisiko terkena infeksi.

Rutin memeriksakan mata

Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan ketika anda sudah memiliki gangguan pada mata. Namun, hal ini perlu dijadikan kebiasaan dan dilakukan secara berkala. Sebab, pemeriksaan mata dapat membantu memantau seberapa baik kemampuan penglihatan anda, serta mendeteksi adanya masalah mata sejak dini.

Meski Anda tidak memiliki gejala atau keluhan apapun saat ini, pemeriksaan yang tepat bisa membantu Anda mengetahui adanya gangguan mata yang tidak bergejala. Rutin cek mata juga dapat memberi tahu Anda apakah resep kacamata Anda yang sekarang sudah tidak akurat lagi dan perlu diperbarui.

Populer video

Berita lainnya