3 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Teh Hijau untuk R
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tak hanya nikmat saat diminum dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh, teh hijau juga memiliki manfaat untuk rambut anda. Dikenal sebagai sumber antioksidan polifenol yang kuat, teh hijau pun seringkali digunakan dalam produk perawatan rambut.

Lantas apa saja khasiat yang ditawarkan teh hijau? Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan rambut anda.

Membantu mencegah kerontokan rambut

Hampir setiap orang mengalami kerontokan pada rambut. Kondisi ini dipicu karena beberapa hal seperti stres, diet atau perubahan hormon. Sementara teh hijau dipercaya membantu mencegah kerontokan pada rambut.

Kaya akan kandungan katekin, teh hijau ternyata dapat membantu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron. Hormon androgen yang biasanya memiliki kadar yang cukup tinggi pada pria ini dikenali sebagai penyebab kerontokan rambut. Namun, penelitian lebih teknis mengenai efek teh hijau untuk mengatasi masalah kerontokan masih perlu dilakukan. Terutama mengenai jumlah dan waktu pemakaiannya.

Mendukung pertumbuhan rambut

Di samping mencegah kerontokan. teh hijau juga dapat membantu pertumbuhan rambut anda. Menurut penelitian dari jurnal Phytomedicine, unsur utama polifenol pada teh hijau, epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dinilai dapat mempercepat rambut tumbuh. Hal ini dikarenakan EGCG berperan sebagai pemicu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut, dan mencegah kerusakan pada kulit serta sel rambut.

Temuan ini yang mendasari teh hijau seringkali digunakan pada produk perawatan rambut, khususnya yang menawarkan khasiat anti kerontokan. Akan tetapi, perlu dipastikan lagi apakah efek teh yang mengandung anti mikroba ini bisa dipakai juga untuk orang yang mengalami kerontokan rambut akibat hormon.

Memenuhi nutrisi rambut

Manfaat teh hijau lainnya lainnya adalah memenuhi nutrisi rambut. EGCG yang terkandung dalam teh hijau menghambat aktivitas hormon yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Selain itu, teh hijau juga membantu melancarkan aliran darah yang mempercepat pertumbuhan rambut.

Temuan ini dibuktikan oleh para peneliti dari University of Witten-Herdecke. Mereka mengungkapkan bahwa kandungan polifenol dalam minuman teh hijau meningkatkan aliran darah di kulit dan penyaluran oksigen ke otak sebesar 29%.

Khasiat tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut karena oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit dapat merangsang folikel rambut. Dengan minum teh hijau, kebutuhan nutrisi kulit kepala Anda jadi terpenuhi dan rambut jadi lebih sehat.

Populer video

Berita lainnya