Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa Ramadhan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga adalah, jangan melakukannya ketika perut kosong. Lantas bagaimana ketika kita sedang berpuasa, dimana tidak boleh makan dan minum sepanjang hari?

Dikutip dari laman okedoc, bagi mereka yang berpuasa disarankan untuk tidak melakukan olahraga berat seperti angkat besi selama puasa. Sebab, otot tidak menerima cukup protein dan nutrisi sepanjang hari. Sementara sumber bahan bakar metabolisme utama untuk tubuh selama berpuasa sebagian besar berasal dari lemak.

Waktu olahraga saat Puasa

Pengaturan waktu merupakan hal penting ketika melakukan olahraga selama bulan Ramadhan. Jadi waktunya tergantung pada rutinitas harian. Anda bisa berjalan-jalan atau jalan cepat sebelum buka puasa. Sehingga setelah buka puasa anda bisa mengisi kembali menambah energi dengan makan dan minum.

Anda juga bisa berolahraga setelah berbuka puasa dengan latihan yang agak berat, seperti bola basket atau sepakbola. Penting untuk menunggu beberapa saat setelah makan, baru anda bisa mulai berolahraga.

Asupan usai olahraga saat Puasa

Jangan lupa menghidrasi diri dengan air di ketika waktu buka puasa dan sahur. Anda dapat minum air dengan garam laut atau air kelapa untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh yang penting untuk fungsi jantung, saraf, dan otot.

Hal yang harus diperhatikan adalah hindari makan besar dan cepat, karena perlu mengaktifkan metabolisme dan sistem pencernaan. Lebih baik makan makanan perlahan-lahan. Makan protein tanpa lemak setelah berolahraga dan makan ikan putih (Non Carbohydrate) sebelum tidur. Makanan berbuka puasa seharusnya hanya terdiri dari satu karbohidrat dengan makanan kaya protein.

Dapat berolahraga sebelum sahur atau sesudah berbuka

Jika ingin berolahraga sebelum sahur, sebaiknya jangan melakukannya lebih dari 30 menit. Sementara bila melakukannya setelah berbuka puasa, sebaiknya tunggu tiga jam setelah makan karena tubuh perlu waktu untuk mencerna. Jika merasa sakit, lemah, atau pusing, jangan terus memaksakan diri untuk berolahraga. Mungkin olahraga saat bulan Ramadhan tidak cocok untuk anda, dan juga tidak masalah jika tidak melakukannya.

Populer video

Berita lainnya